Sukses

Food

Tips Memasak Nasi Agar Lebih Putih dan Tidak Cepat Basi

Fimela.com, Jakarta Nasi menjadi kebutuhan pokok hampir setiap orang Indonesia. Nasi yang enak, putih dan pulen menjadi pilihan banyak orang karena memiliki cita rasa yang enak. Apalagi jika nasi ini disantap bersama lauk ikan goreng atau ayam goreng dengan sambal. 

Bicara mengenai nasi, kita tentu ingin nasi yang dimasak memiliki warna yang putih bersih, pulen dan tidak mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan nasi yang lebih putih dan pulen. Begini caranya Sahabat Fimela.

1. Cuci Hingga Bersih Sebelum Dimasak

Sebelum memasak nasi, pastikan untuk mencuci beras hingga benar-benar bersih. Cuci hingga air cucian beras berwarna cukup bening. Beras yang dicuci bersih akan lebih putih dan tidak mudah basi setelah dimasak. 

2. Tambahkan Perasan Air Jeruk Lemon

Jangan lupa untuk menambahkan perasan air jeruk lemon atau nipis bersama air untuk memsak nasi. Air lemon akan membuat nasi menjadi lebih putih dan aromanya lebih wangi. 

3. Gunakan Panci yang Bersih

Pastikan untuk menggunakan panci yang bersih saat memasak nasi. Panci yang bersih akan membuat nasi juga bersih sehingga lebih putih serta tak mudah basi. Pastikan juga agar magic com atau dandang yang digunakan untuk menanak nasi bersih. 

4. Aduk Nasi Saat Memasak

Usahakan untuk menganduk nasi saat memasak. Menganduk nasi akan membuat nasi matang merata dan membuatnya terhindar dari risiko nasi cepat basi. 

5. Sesuaikan Takaran Air dengan Takaran Beras

Gunakan takaran air dengan takaran berasa yang sesuai. Air yang terlalu banyak bisa membuat nasi lembek dan mudah basi. Sedangkan air yang terlalu sedikit bisa membuat nasi kering bahkan masih seperti beras. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan saat memasak nasi agar nasi yang dimasaka lebih putih dan tidak mudah basi. Kamu juga bisa masak nasi untuk sekali makan demi dapatkan nasi yang selalu fres, pulen serta enak. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading