Sukses

Food

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Gula Aren dan Gula Merah

Fimela.com, Jakarta Sekilas gula aren dan gula merah adalah dua hal yang sama. Jika kita tidak jeli, kita akan mengira bahwa gula aren dan gula merah adalah hal yang sama. Meski memiliki tampilan yang sama dan rasanya juga hampir sama, keduanya adalah dua hal yang berbeda. Apa yang membuat gula aren dan gula merah berdeba? 

Perbedaan Gula Aren dan Gula Merah

1. Warna dan Rasa Gula

Perbedaan pertama terletak pada warna kedua gula. Gula aren memiliki warna merah pekat kecokelatan dan lebih gelap. Sedangkan gula merah memiliki warna yang cenderung lebih terang kemerahan. 

Untuk rasa, gula aren memiliki rasa yang lebih manis dengan aroma yang lebih harum karena terbuat dari nira pohon aren. Sedangkan untuk gula merah, rasanya ada yang sedikit asin atau tidak terlalu spesial seperti halnya gula aren. 

2. Bahan Dasar Pembuatan Gula

Gula aren dan gula merah terbuat dari bahan dasar yang tidak sama. Gula aren terbuat dari nira aren asli dan biasanya dicetak dengan batok kelapa. Biasanya gula aren juga memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan gula merah karena bahannya yang murni dari nira pohon aren atau pohon enau. 

Sedangkan gula merah atau yang dikenal dengan gula jawa terbuat dari nira pohon kelapa atau penyadapan dari pepohonan sejenis palem, kurma atau sagu. Gula merah biasanya dicetak dengan batang bambu atau wadah lainnya yang menyerupai batok kelapa. Gula merah tidak jarang dicampuri gula pasir dari gula tebu untuk membuat rasanya lebih manis. 

3. Manfaat Gula

Mengingat warnanya yang lebih gelap dan rasanya yang lebih manis, gula aren sering digunakan sebagai sirup gula untuk minuman cendol. Gula aren juga sering digunakan sebagai pemanis minuman tradisional, kopi atau bahkan jamu sebagai pengganti madu. Untuk gula merah sendiri biasanya digunakan untuk bumbu masakan seperti gudeg dan masakan semur. 

Itulah perbedaan gula aren dan gula merah. Jangan sampai salah dalam membedakan keduanya ya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading