Sukses

Food

5 Bahan Makanan yang Semakin Enak dan Sehat Walau Dimasak Tanpa Minyak

Fimela.com, Jakarta Saat ini harga minyak goreng telah mencapai harga tertinggi yang bisa dibilang sangat mahal. Meski minyak mahal, kita tetap bisa mengolah berbagai makanan yang enak walau dimasak tanpa minyak. Kita pun juga bisa hidup lebih sehat karena mengonsumsi makanan yang rendah minyak. 

Ada beberapa makanan yang justru semakin enak jika dimasak tanpa minyak. Nutrisi yang terkandung di dalamnya pun akan semakin sehat dan tidak banyak berkurang karena proses pemasakan yang tanpa minyak. Apa saja bahan makanan yang semakin enak dan sehat ketika dimasak tanpa minyak? Simak yang berikut ini.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus akan memiliki cita rasa yang enak sekaligus menyegarkan. Sayuran hijau yang dimasak tanpa minyak juga akan memiliki nutrisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan sayuran yang ditumis atau digoreng. Agar rasa sayuran hijau semakin mantap sata disantap, sajikan bersama bumbu urap, bumbu sambal kacang atau sambal orek tanpa minyak.

Telur

Telur juga akan memiliki cita rasa yang semakin enak jika dimasak tanpa minyak. Telur juga akan memiliki nutrisi yang baik buat tubuh. Aneka macam telur mulai dari telur ayam, telur puyuh, telur kalkun dan telur bebek memiliki cita rasa khas yang menggugah selera ketika dimasak dengan cara dikukus atau direbus.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah, kacang kapri dan kacang kedelai telah memiliki rasa khas yang cukup gurih dan manis saat dimasak. Aneka kacang ini akan semakin sehat dan enak jika dimasak tanpa minyak atau cukup direbus.

Jagung Manis

Bahan makanan selanjutnya yang akan memiliki cita rasa makin enak ketika dimasak tanpa minyak adalah jagung manis. Jagung manis memiliki cita rasa manis yang khas sekaligus aroma harum yang khas. Jagung manis yang dimasak dengan cara direbus atau kukus akan memiliki manfaat kesehatan yang baik buat tubuh. 

Umbi-umbian

Aneka umbi-umbian seperti ketela pohon, kentang, ubi jalar dan sejenisnya akan terasa semakin nikmat jika diolah tanpa minyak. Umbi-umbian cocok dimasak dengan cara dikukus. Selain enak, bahan makanan ini juga sangat sehat karena bisa jadi sumber karbhidrat pengganti nasi. Sajikan bersama kelapa parut yang diberi sedikit taburan garam untuk mendapatkan sajian ubi rebus yang nikmat. 

Itulah beberapa bahan makanan yang akan semakin enak dan sehat jika dimasak tanpa minyak. Dari sekian makanan yang ada, apakah salah satunya favoritmu? Mari hidup lebih sehat dan hemat tanpa menggunakan banyak minyak saat memasak. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading