Sukses

Food

5 Cara agar Kue Nastar Tidak Retak dan Melebar

Fimela.com, Jakarta Menyajikan kue buatan sendiri di hari istimewa seperti hari Lebaran bisa menghadirkan kebahagiaan sendiri. Selain itu, aktivitas membuat kue pun menjadi aktivitas yang menyenangkan. Salah satu kue yang cukup populer untuk dibuat adalah kue nastar.

Bagi yang ingin membuat kue nastar dengan tekstur mulus, tidak retak, dan adonannya tidak melebar saat dipanggang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini lima hal paling dasar yang perlu diikuti dalam membuat kue nastar yang cantik. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Adonan Nastar Diaduk dengan Spatula Anti Lengket

Adonan dasar nastar sebaiknya dikocok dan diuleni dengan spatula anti lengket. Karena bila diaduk pakai tangan, bisa menyebabkan margarin mencair karena pengaruh suhu tangan yang hangat, sehingga adonan jadi mudah retak ketika dipanggang.

2. Pakai Selai yang Teskturnya Kesat

Sebaiknya gunakan selai nanas yang kesat dan cukup kering. Selai nanas yang terlalu berair bisa memengaruhi tekstur adonan kue. Sehingga bisa membuat kue jadi mudah retak dan melebar saat dipanggang. Kalau membuat selai nanas sendiri, usahakan memasaknya sampai airnya menyusut dan warnanya berubah jadi kuning tua.

3. Pastikan Adonan Tidak Lengket di Tangan saat Dibentuk

Takaran tepung dan mentega harus benar-benar tepat. Jangan sampai adonan terlalu lembek. Bila adonan terlalu lembek, nantinya ketika dipanggang, permukaannya bisa pecah dan retak. Kalau adonan masih lengket dan gampang menempel di tangan ketika dibentuk, maka penting untuk mengukur kembali takarannya. Pastikan saat dibentuk, adonan tidak lengket di tangan.

 

4. Pakai Kuas Lembut untuk Mengoles Kue

Ada baiknya tidak menggunakan kuas yang ujungnya runcing supaya tidak merusak atau merontokkan tekstur kue. Pilih kuas yang lembut untuk mengoles kue.

5. Pengolesan Dilakukan setelah Pemanggangan

Proses pengolesan kuning telur dilakukan setelah kue nastar dipanggang setengah matang. Biasanya kue nastar perlu dipanggang dulu selama 10 menit baru kemudian diolesi dengan kuning telur. Usahkan olesi permukaan nastar sampai bagian bawah yang menyentuh loyang agar warna kuningnya cantik merata. Setelah itu, panggang lagi sampai kue benar-benar matang.

Itu dia lima hal paling dasar yang bisa dicoba dan diikuti saat membuat nastar agar tidak mudah retak dan melebar. Semoga informasinya bermanfaat, ya. Happy baking!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading