Sukses

Food

Resep Turkish Delight, Permen Lebaran khas Turki

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Jika di Indonesia kue kering macam nastar, kastengel, putri salju dan lainnya wajib ada untuk suguhan tamu selama Lebaran, di Turki mungkin turkish delight juga menjadi camilan manis yang wajib ada selama Lebaran. Turkish delight atau disebut juga lokum memiliki penampilan cantik dengan tekstur kenyal dan rasa manis yang pastinya disukai anak-anak.

Jika Sahabat Fimela ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah sebagai permen khas lebaran, ini dia resep yang bisa dicoba.

Bahan:

  • 280 gr gula pasir
  • 270 ml air
  • 135 ml air
  • 45 gr tepung maizena
  • 1/2 sdm air lemon
  • 1/2 sdt cream of tartar
  • 30 gr kacang pistacio cincang (optional)
  • Perasa buah (original: rose water, bisa diganti strawberry, melon atau sesuai selera)

Taburan:

  • 3 sdm maizena
  • 3 sdm gula halus

Cara membuat:

  1. Masukkan air, air lemon dan gula, nyalakan api dan masak hingga gula larut. Jika gula sudah larut, tak perlu diaduk lagi. Biarkan gula masak hingga mendidih selama 10-12 menit, seskali diaduk untuk mengecek konsistensinya. Jika sirup gula sudah mengental dan agak berat diaduk, angkat dan sisihkan.
  2. Dalam panci lain, masukkan tepung maizena dan cream of tartar. Tuang air dan aduk rata hingga larut.  Nyalakan api dan masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga mengental. Pastikan mengaduk dengan cepat dan merata agar tidak ada yang bergerindil. Gunakan whisker agar pengadukan lebih merata dan tidak mudah menggumpal.
  3. Jika sudah lembut, kecilkan api, tuang sirup gula sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Jika gula sudah masuk semua, aduk hingga tercampur rata hingga terlihat transparan.
  4. Masak dengan api sangat kecil hingga meletup-letup dan konsistensinya mirip lem. Masak terus hingga warnanya kuning kecoklatan sambil sesekali diaduk ya, pemasakan kurang lebih 40-50 menit.
  5. Jika sudah kental kuning kecokelatan, masukkan perasa buah. Aduk rata. Jika suka, masukkan juga kacang pistachio cincang, aduk rata.
  6. Siapkan wadah, alasi dengan kertas baking yang sudah dioles minyak. Tuang adonan lokum ke dalamnya, diamkan hingga mengeras selama semalam.
  7. Masukkan campuran tepung maizena sangrai dan gula halus. Keluarkan lokum dari wadah dan potong dadu. Balur dengan tepung gula. Tata di piring atau wadah stoples untuk dinikmati.

Lokum atau turkish delight siap dinikmati. Permen lebaran khas Turki ini pasti disukai anak-anak.

#Women for Women

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Resep Aneka Tumis yang Enak dan Praktis
Artikel Selanjutnya
Resep Bruschetta Keju