Sukses

Food

5 Cara Membuka Toples yang Tertutup Rapat

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mengalami susah membuka toples karena tutupnya terlalu rapat? Pasti menjengkelkan karena bukan hanya membuat tangan sakit tapi juga merepotkan jika sedang butuh barang yang ada di dalamnya. Tapi setiap masalah selalu ada jalan keluarnya, termasuk membuka toples yang tertutup rapat. Ini beberapa cara membuka tutup toples jika terlalu rapat.

1. Alasi tangan dengan kain

Seringkali tutup toples susah dibuka karena permukaan tangan kita licin entah karena lembap atau terkena minyak. Coba ambil kain kering, letakkan di tutup toples dan putar telapak tangan dengan kuat. Kamu juga bisa menggunakan alas tisu atau mengikatkan karet melingkat di pinggiran tutup agar mendapatkan pegangan yang kuat sehingga memudahkan membuka toples.

2. Ketuk-ketuk tutup dan wadahnya

Karena adanya udara yang terjebak di dalam toples, seringkali toples ia jadi sulit dibuka karena ada tekanan pada toples. Coba ketuk-ketuk tutupnya dengan sendok dan coba buka. Ulangi beberapa kali hingga toples bisa terbuka. Bisa juga dengan mengetuk-ketuk bagian badan toples yang terbuat dari kaca pelan di pinggiran meja agar bisa terbuka.

3. Ketuk-ketuk bawahnya

Terkadang ini juga terjadi pada wadah yang baru dikeluarkan dari kulkas karena ada sisa makanan yang mengering di putaran tutupnya sehingga menyebabkan tutupnya seret dan susah dibuka. Coba kocok atau pukul dengan telapak tangan bagian bawah toples agar bisa membuat tutupnya basah sehingga memudahkan untuk dibuka.

4. Panaskan tutupnya dengan hair dryer

Jika tidak juga mau terbuka, ambil hairdryer dan panaskan dengan udara dari hairdryer. Udara panas ini akan membantu membuat tutup toples memuai sehingga memudahkan tutup untuk diputar.

5. Kompres kain hangat

Jika tak punya hair dryer, gunakan kain yang sudah direndam air panas. Peras dan kompreskan pada tutup toples untuk membantu memuaikan tutupnya. Kompres agak lama agar toples mudah dibuka. Tapi hati-hati jika ingin mengompres toples beku atau baru dikeluarkan dari kulkas, karena bisa membuat kacanya rentan pecah akibat perbedaan suhu yang mendadak. Itulah mengapa sebaiknya kamu sebaiknya menghindari langsung menyiram toples dengan air panas.

Itu dia sekian cara membuka toples yang tertutup rapat. Semoga bisa memudahkan dan bermanfaat untukmu, Sahabat Fimela.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Agar Telur Rebus Matang Sempurna, Berapa Menit Merebus Telur?
Artikel Selanjutnya
4 Tips Menyimpan Sayur Agar Tahan Lama Tanpa Kulkas