Sukses

Food

Cara Membersihkan Kulkas dan Menjaganya Tetap Bersih dalam 5 Langkah

Fimela.com, Jakarta Kulkas menjadi salah satu peralatan penting di dapur yang memiliki tugas mejaga makanan agar tetap segar dan bebas dari bakteri. Pembersihan rutin membantu fungsi kulkas dalam dua tugas utama tersebut. Berikut ini cara membersihkan lemari es melansir dari rd.com;

Step 1: Kosongkan kulkas. Buang bahan atau barang yang sudah bau atau kedaluwarsa. Siapkan pendingin untuk menyimpan makanan yang sangat mudah rusak seperti susu dan ikan mentah.

Step 2: Lepaskan semua laci dan rak kulkas yang dapat dilepas. Sisihkan dan siapkan baskom berisi air hangat dan sabun. Tunggu rak dan laci ruangan mencapai suhu ruang agar air hangat tak membuatnya retak.

Step 3: Bersihkan bagian dalam lemari es dengan larutan sabun cuci piring dan air yang aman untuk makanan menggunakan kain lembut atau spons. Untuk menghilangkan noda membandel atau bau yang menyengat, gosok dengan pasta yang terbuat dari campuran soda kue dan air.

Bersihkan remah-remah dan kotoran dari segel pintu karet dengan sikat gigi bekas. Atau pisau mentega yang dibungkus kain lap.

 

 

Langkah 4 & 5

Langkah 4: Setelah interior berkilau, tutup pintu agar lemari es mendinginkan kembali dan melanjutkan dengan mencuci komponen yang dapat dilepas di wastafel.

Saat mengeringkan, lakukan pembersihan cepat pada freezer dengan membuang barang yang sudah tidak terpakai dan menyeka remah-remah atau tumpahan. Lalu bersihkan bagian luar lemari es dengan spons atau kain mikrofiber menggunakan larutan sabun cuci piring dan air.

Jika lemari es kamu bermaterial stainless steel, gunakan produk pembersih yang terbuat dari stainless steel. Lap dari atas ke bawah dan searah serat.

Step 5: Pasang kembali komponen yang dapat dilepas dan isi ulang lemari es. Saat mengisi ulang, bersihkan remah-remah, tetesan atau residu lengket pada barang sebelum mengembalikannya ke tempat yang tepat.

 

Cara Menjaga kulkas tetap bersih

Tak punya banyak waktu untuk membersihkan lemari es? Coba trik ini agar kulkas tetap bersih lebih lama;

- Biasakan membersihkan lemari es dengan cepat sebelum memasukkan dengan bahan makanan baru.

- Buang sisa makanan lama dan bersihkan remah-remah atau tumpahan sehingga lemar es bersih dan siap untuk makanan segar.

- Garis rak dengan bungkus plastik lengket satu sisi. Langkah ini untuk mengikis tumpahan yang menempel, cukup kelet dan ganti.

 

#WomenForWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading