Sukses

Food

Berapa Menit Telur Rebus Jadi Terlalu Matang? Apa Bahayanya?

Fimela.com, Jakarta Jika pernah makan telur rebus, mungkin kamu pernah menemui telur rebus yang kuning telurnya berwarna keabu-abuan. Ini adalah tanda yang kurang baik, karena berarti telur tersebut overcooked atau terlalu matang akibat dimasak terlalu lama sehingga kandungan gizinya berkurang, rusak atau bahkan bisa membahayakan kesehatan.

Lalu berapa menit telur rebus dimasak agar tidak overcooked?

Jawabannya adalah sekitar 8 atau 9-12 menit. Pada umumnya telur ayam akan matang jika direbus dengan kisaran waktu 8-12 menit dengan kondisi kuning telur masih berwarna kuning cerah.

Tentunya tingkat kematangan telur rebus juga akan tergantung ukuran, seberapa besar kecilnya telur tersebut. Waktu perebusan 8 atau 9 menit adalah ketika telur dalam kondisi setengah matang. Jika ingin matang seluruhnya, maka 12 menit adalah waktu yang sangat ideal.

Apa yang terjadi jika terlalu lama merebus telur?

Jika memasak telur terlalu lama, satu hal yang bisa dengan jelas kita lihat adalah perubahan warna pada kuning telur. Bagian kuning telur yang seharusnya berwarna kuning cerah akan berubah menjadi warna abu-abu kehijauan. Ini menunjukkan adanya reaksi kimia karena suhu tinggi. Jika terus dimasak, bagian kuning telur bisa berubah abu-abu seluruhnya.

Mengapa telur yang terlalu matang bisa berbahaya?

Dilansir dari Kitchensubstitute.com, telur yang terlalu matang mengandung besi sulfida, yang nantinya akan bersifat racun. Besi sulfida terbentuk dari putih telur dan kuning telur. Putih telur mengandung sulfur/belerang, dan kuning telur mengandung zat besi. Ketika terjadi reaksi antara belerang dan besi, maka akan membentuk senyawa yang disebut besi sulfida.

Ketika telur tersebut dimakan dan masuk ke dalam lambung, besi sulfida akan bereaksi dengan asam hidroklorik yang merupakan komponen utama dalam asam lambung sehingga menghasilan hidrogen sulfida yang sangat beracun.

 

Perhatikan menit saat merebus telur

Meskipun tidak ada efek langsung, tapi dalam kondisi tertentu, itu bisa menyebabkan keracunan makanan. Jadi sebaiknya hindari mengonsumsi telur rebus yang terlalu matang. Hidrogen sulfida juga menyebabkan telur memiliki bau yang tidak sedap jika terlalu matang.

Jadi untuk menjaga kesehatan sekaligus menjaga kandungan gizi telur, selalu perhatikan berapa lama waktu merebus telur sehingga tidak terlalu matang. Bisa menggunakan pedoman 8-12 menit, atau boleh hingga 15 menit jika dirasa memasak beberapa telur sekaligus dan ukurannya besar ya Sahabat Fimela.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading