Sukses

Food

Apa Bedanya Tepung Tapioka dan Tepung Terigu? Cari Tahu di Sini

Fimela.com, Jakarta Ada berbagai macam tepung yang bisa kita temukan di pasaran. Dari aneka tepung yang ada, masing-masing memiliki manfaat yang berbeda-beda. Ada jenis tepung yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan dasar kue kering. Ada lagi tepung yang biasa dimanfaatkan untuk bahan dasar tepung basah dan ada pula beberapa tepung yang cocok untuk bahan dasar jajanan tradisional. 

Bicara mengenai tepung, dua jenis tepung yang sangat populer pada masyarakat kita adalah tepung tapioka dan tepung terigu. Dua tepung ini memiliki perbedaan yang signifikan dari bahan dasar untuk membuatnya dan manfaatnya. Apa sih bedanya tepung tapioka dan tepung terigu? Simak yang berikut ini Sahabat Fimela. 

Beda Tepung Tapioka dan Terigu dari Segi Bahan Dasar

Tepung tapioka terbuat dari bahan dasar singkong atau tepatnya sari pati singkong. Singkon yang masih segar dihaluskan kemudian disaring. Air saringan ini diendapkan dan endapan pati kemudian dikeringkan lantas dihaluskan membentuk tepung tapioka. 

Sementara tepung terigu, tepung ini terbuat dari gandum yang dihaluskan. Tepung terigu terbuat dari biji gandum murni. Bagian gandum yang diambil untuk menjadi bahan dasar tepung terigu adalah bagian daging yang sudah bebas dari kulit ari maupun inti gandum.

Beda Tepung Tapioka dan Terigu dari Segi Warna dan Tekstur

Jika dilihat dari warnanya, tepung tapioka memiliki warna yang lebih putih bersih. Teksturnya lebih lembut dan halus cenderung licin karena merupakan sari pati singkong. Tepung ini cenderung lengket saat dicampur dengan air.

Untuk tepung terigu, warnanya cenderung lebih pucat kekuningan karena terbuat dari biji gandum utuh. Mengenai tekstur, tepung terigu juga cukup halus namun akan terpisah dan sulit menyatu jika dicampur dengan air. 

Beda Tepung Tapioka dan Terigu dari Segi Manfaatnya

Tepung tapioka umumnya dimanfaatkan untuk membuat makanan dengan tekstur kenyal seperti cilok, somay, bakso dan cimol. Tepung tapioka juga sering digunakan untuk bahan pembuatan kerupuk dan rempeyek. 

Sedangkan tepung terigu, umumnya tepung ini dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai macam kue baik kue kering maupun kue basah. Tepung terigu adalah bahan utama suatu adonan baik yang digoreng, dioven maupun dikukus. 

Itulah beberapa perbedaan tepung tapioka dan tepung terigu yang penting kita tahu. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan sampai salah lagi membedakan keduanya.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading