Sukses

Food

Berapa Kandungan Protein Telur Rebus? Cek di Sini!

Fimela.com, Jakarta Telur rebus adalah salah satu makanan paling praktis untuk sarapan, diet atau bahkan bekal makan siang atau piknik karena selain mudah disiapkan juga mudah dibawa ke mana saja dan cukup tahan lama di perjalanan. Telur rebus menjadi pilihan makanan sehat yang banyak digemari bukan hanya kepraktisannya, tapi juga karena kandungan gizinya yang tinggi, terutama protein.

Berapa jumlah protein dalam telur? Dilansir dari Healthline, satu butir telur rata-rata mengandung sekitar 6-7 gram protein. Namun terkadang kandungan protein tersebut tergantung pada ukuran telur.

Kandungan protein dalam telur berbagai ukuran

  • Telur kecil (38 gram): 4,79 gram protein
  • Telur sedang (44 gram): 5,54 gram protein
  • Telur besar (50 gram): 6,3 gram protein
  • Telur ekstra besar (56 gram): 7,06 gram protein
  • Telur jumbo (63 gram): 7,94 gram protein

Telur adalah sumber protein yang baik dan mengandung semua asam amino esensial sehingga mampu menyediakan protein lengkap yang dibutuhkan tubuh. Dilansir dari Sfgate, dalam satu telur rebus memiliki 6 gram protein yang mampu memenuhi kebutuhan protein harian pria sebanyak 11 persen dan perempuan sebanyak 14 persen.

Jika dilihat dari kandungan protein dalam setiap bagian, putih dan kuning telur, kandungan protein dalam putih telur tentu lebih banyak.

Protein dalam satu butir telur utuh

Protein dalam kuning telur

Kuning telur memiliki sekitar setengah dari protein dalam satu butir telur utuh. Misalnya dalam telur besar yang mengandung sekitar 6,3 gram protein, 2,7 gram berasal dari kuning telur.

Protein dalam putih telur

Sedangkan putih telur, meskipun terdiri dari sekitar 88% air, dalam 33 gram putih telur mentah terdapat 3,6 gram protein.

Itulah alasan, jika ingin mendapatkan asupan protein ppnuh dari telur, sebaiknya makan telur rebus utuh, tidak perlu menghindari kuning telur karena kandungan protein di dalam kuning telur pun sangat tinggi.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading