Sukses

Food

Apa Manfaat Jamu Beras Kencur? Catat 5 Manfaat Utama Ini

Fimela.com, Jakarta Ada banyak minuman bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah jamu beras kencur. Jamu beras kencur adalah salah satu minuman kesehatan khas Indonesia yang berasal dari Jawa. Minuman ini bisa disajikan dalam keadaan hangat, suhu ruangan maupun dingin dengan ditambah es batu.

Beras kencur memiliki rasa manis pedas yang khas dari campuran bahan-bahannya yang berupa rempah rimpang kencur dicampur dengan sari beras yang bikin nikmat. Tapi apa sajakah manfaat jamu beras kencur? Dilansir dari Liputan6.com, ini beberapa manfaat jamu beras kencur.

1. Penambah nafsu makan

Kencur dalam jamu beras kencur banyak mengandung vitamin B yang dapat merangsang lambung memberi sinyal rasa lapar sehingga orang yang sulit makan, seperti anak-anak dan perempuan hamil yang mual ingin makan.

2. Mengendalikan kolesterol

Beras kencur diketahui dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah dan bahkan menurunkannya karena minuman ini rendah kolesterol, membantu penyerapan makanan yang masuk dalam tubuh dan bersifat detoks di dalam tubuh. Kencur membantu sintase asam lemak dengan bantuan kandungan flavonoidnya, seperti kaempferol, quercetin, dan galanin sehingga kolesterol dapat keluar dari tubuh.

3. Mengatasi diare

Jamu beras kencur dapat menyembuhkan diare karena asam lambung yang tinggi. Beras kencur dapat menetralkan asam lambung sehingga pencernaan menjadi lebih lancar. juga dapat meredakan nyeri atau kram perut akibat maag.

4. Kesuburan

Jamu beras kencur juga dapat membantu meningkatkan kesuburan tubuh karena pada dasarnya jamu ini membantu meningkatkan nafsu makan sehingga orang akan lebih banyak makan yang kemudian nutrisi tubuh lebih terpenuhi.

5. Mengatasi kram perut

Ketika sedang menstruasi, ada banyaknya minum jamu beras kencur karena dapat meringankan rasa sakit di perut dan mengurangi kram perut hormonal. Beras kencur akan membantu merilekskan otot dan menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, yang mana menjadi salah satu penyebab kram perut selama menstruasi.

Itu beberapa manfaat jamu beras kencur jika diminum secara rutin. Semoga bermanfaat ya Sahabat Fimela.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading