Sukses

Food

4 Manfaat Natto bagi Kesehatan, Olahan Kacang Kedelai dari Jepang yang Viral Karena Aroma Menyengat

Fimela.com, Jakarta Jagat maya belakangan diramaikan dengan natto yang menjadi panganan khas Jepang. Natto sendiri dibuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Hasil dari fermentasi kacang kedelai ini akan menghasilkan lendir yang lengket dan berselaput.

Dalam budaya Jepang, Natto dimakan begitu saja hanya dengan tambahan kecap asin dan saus mustard. Kini dijual dalam kemasan instan berbentuk kotak sterefoam untuk menjaga kualitas natto.

Karena merupakan produk fermentasi, tentu akan mengubah tekstur, rasa, dan aroma dari kacang kedelai. Bagi kamu yang belum terbiasa menghirup aroma Natto mungkin cenderung menghindar karena cukup menyengat.

Belakangan, Natto menjadi viral lantaran banyak kreator konten TikTok yang menjajal panganan yang satu ini. Belum juga dimakan, tidak sedikit banyak yang merasa mual karena aromanya yang sangat menyengat.

 

Manfaat Natto bagi kesehatan

Meski memiliki aroma yang menyengat, Natto ini sebenarnya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

1. Kesehatan pencernaan

Karena menjalani proses fermentasi, Natto memiliki kandungan probiotik yang baik bagi kesehatan pencernaan. Probiotik ini menjadi bakteri baik yang memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan, seperti membuat makanan lebih mudah dicerna.

 

2. Kesehatan tulang

Selain probiotik, Natto ternyata juga mengandung vitamin K2 yang langka. Vitamin K2 ini memiliki peran penting untuk mengaktifkan protein pada tulang yang membantu membawa kalsium ke dalam tulang. Studi menunjukkan vitamin K2 juga dapat memperlambat hilangnya kekuatan pada tulang akibat penuaan dan mengurangi risiko patah tulang.

 

3. Kesehatan jantung

Mengandung serat dan probiotik yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol. Fermentasi Natto ini juga menghasilkan nattokinase yang menjadi enzim yang dapat membantu melarutkan gumpalan darah. Peneliti Jepang bahwa menemukan Natto dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mengontrol tekanan darah.

 

4. Menjaga imunitas tubuh

Dengan segudang kandungan yang dimiliki, Natto memiliki manfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Berkat probiotik di dalamnya, Natto akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya. Ia juga kaya akan vitamin C, zat besi, dan tembaga yang berperan penting untuk fungsi kekebalan tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading