Sukses

Food

Cobain Sambel Pecel Raos Eco asal Blitar, Punya Pilihan Pedas Sesuai Selera Lho!

Fimela.com, Jakarta Kekayaan sambal Indonesia tak perlu diragukan lagi, hampir setiap daerah memiliki jenis sambal yang khas dan menggugah selera makan. Bila bicara Jawa Timur, pastinya tidak bisa dilepaskan dari yang namanya sambal pecel.

Secara umum, sambal pecel merupakan sambal yang terbuat dari kacang tanah, cabai, gula jawa dan bumbu penyedap lain yang ditumbuk sampai halus. Sebelum disajikan, sambal pecel harus dicampur dengan sedikit air hangat agar bisa larut dan disiram ke atas pecel atau makanan.

Seiring perkembangan kuliner, muncul aneka varian sambal pecel dengan pilihan atau level pedas yang bermacam-macam. Termasuk kemasan yang praktis dan kekinian. Bagi kamu warga Blitar dan sekitarnya, wajib banget untuk mencicipi Sambal Pecel Raos Eco buatan Ira Puspitasari, pelaku usaha kuliner asal Dusun Gaprang, Kanigoro, Blitar.

3 Pilihan Pedas Sambal Pecel

Sambal Pecel Raos Eco memiliki tiga pilihan pedas yang bisa dinikmati para konsumen. Mulai pedas, sedang, dan tidak pedas. Sambal Pecel ini sangat praktis, kemasannya bisa ditutup kembali sehingga mudah disimpan dan juga dibawa kemana saja.

"Yang menjadi pembeda Sambal Pecel Raos Eco, selain rasa adalah kemasan. Sambal pecel kami dikemas dalam standing pouch, jadi terlihat kekinian dan stylish. Praktis, bisa dibawa kemana saja tanpa harus belepotan, karena kemasan bisa ditutup lagi dengan rapat," kata Ira Puspitasari kepada ManisdanSedap.com

Adapun ukuran Sambal Pecel Raos Eco yang bisa konsumen pre order terdiri dari ukuran 250 gram, 500 gram, dan 1kg. Harga mulai Rp19.000 hingga Rp75.000, di luar ongkos kirim.

"Tidak ada minimal order, satu pun kami layani. Untuk amannya, pesan H-2. Walaupun kami pernah ada pesanan 10kg dikirim hari itu juga dan 1 hari jadi," cerita Ira.

Sedia Sambal Pecel Tanpa Merek

Selain melayani pesanan untuk keperluan pribadi maupun hampers, Raos Eco juga menjual sambal pecel tanpa merek. Maksudnya, bila ada konsumen yang ingin menjual kembali dan memasang merek sendiri juga bisa.

"Kami bisa menjual sambal pecel tanpa merk. Kalau mau dikasih merk sendiri," kata Ira.

Lebih lanjut, Ira menceritakan kalau Sambal Pecel Raos Eco sudah melalang buana ke berbagai tempat dan kota, bahkan luar pulau Jawa. "Ke Batu Lici Kalimantan pernah, Makassaar, Jakarta, Depok, dan lain-lain," ujar Ira.

Sambal Pecel Raos Eco dapat bertahan di suhu ruangan selama 1 bulan. Bila di kulkas bisa mencapai 3 bulan. "Ini tanpa bahan pengawet, asal setelah dibuka , segera ditutup lagi yang rapat," tambahnya.

Inspirasi Bisnis Sambal Pecel

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat banyak kegiatan sangat dibatasi. Agar tetap mendapatkan pemasukan, Ira pun memutuskan untuk berjualan online.

"Kami masih bingung berjualan apa saat itu, pada suatu waktu saya tidak sengaja melihat ibu sedang membuat sambal pecel untuk sarapan. Saya pun teringat kalau sambal pecel ibu saya sudah banyak yang mengakui kelezatannya. Rasanya enak, bumbunya pas, pedasnya juga sesuai. Tidak berlama-lama, peluang itu saya tangkap dan segera saya wujudkan menjadi produk jualan online kami," kata Ira yang memulai usaha Sambal Pecel Raos Eco pada 25 Juni 2020.

Karena Ira merupakan orang jawa dan berdomisili di Blitar, ia memutuskan nama usaha harus mewakili daerah.

"Saat kami bikin tester untuk dibagikan ke semua orang yang kami kenal, salah satu keluarga kami yang setelah mencoba spontan nyeletuk ECO yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah ENAK. Kemudian saya carikan kata depan yang pas dengan ECO, ketemulah RAOS ECO yang memiliki rasa enak," kenang Ira menceritakan awal mula bisnis Sambal Pecel Raos Eco.

Sebagai pelaku usaha kuliner, Ira memiliki harapan usahanya bisa semakin besar, membawa berkah dan bermanfaat. Membuka lapangan pekerjaan buat siapa saja yang membutuhkan, terutama khususnya dikalangan lingkungan tempat tinggal Ira.

Harapan Ira pun mendapat dukungan penuh dari ManisdanSedap.com, platform kuliner yang merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) yang menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com. ManisdanSedap.com hadir untuk memanjakan para pecinta kuliner dalam melakukan pre order makanan favoritnya dari berbagai kota di Indonesia.

Tidak hanya itu, ManisdanSedap.com juga mendukung seller UMKM lokal dalam mempromosikan produk jualan mereka, karena berperan sebagai ‘etalase’ online. Pemesanannya juga mudah karena dilengkapi dengan tombol order yang bisa langsung diklik untuk menghubungkan kamu dengan nomor WhatsApp sang seller langsung. Transaksi pun dilakukan di luar platform, jadi makin mudah kan!

Buruan pre order Sambal Pecel Raos Eco dan dukung bisnis pelaku usaha kuliner laris manis. 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(*)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading