Sukses

Food

5 Cara Memasak Ikan Salmon yang Menyehatkan

Fimela.com, Jakarta Ikan salmon adalah jenis ikan yang sangat menyehatkan untuk tubuh. Ikan salmon memiliki gizi yang tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak maupun dewasa. Ikan salmon ini sangat mudah didapatkan di supermarket dengan harga yang terjangkau.

Ikan salmon yang berkualitas memiliki warna daging yang cenderung orange atau merah muda. Jika daging ikan salmon berwarna pucat, maka ikan salmon sudah tidak segar. Ikan salmon yang baik memiliki tekstur daging yang tidak mudah hancur saat ditekan, dan aromanya segar seperti laut.

Walaupun cara memasak salmon sangat mudah, tetapi Sahabat Fimela harus berhati-hati saat memasak dagingnya. Karena ikan salmon harus dimasak dengan benar, agar gizi yang terkandung di dalamnya tidak berkurang. Simak cara memasak ikan salmon yang menyehatkan berikut ini:

Manfaat Ikan Salmon

1. Kaya Omega-3

Ikan salmon adalah ikan yang kaya akan asam lemak omega-3. Omega-3 ini sangat diperlukan oleh tubuh, tapi tubuh tidak bisa memproduksi sendiri. Rajin mengonsumsi omega-3 dapat membantu mencegah pembekuan darah, mengurangi peradangan, dan mencegah penyakit jantung.

2. Menyehatkan Kehamilan

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon yang matang. Kandungan di dalam ikan salmon bisa membantu meningkatkan perkembangan otak dan retina janin. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi kurang lebih 0,3gram asam lemak omega-3.

3. Mencegah Kerusakan Otak

Bagi anak-anak maupun orang dewasa, kesehatan otak harus dijaga selalu. Ikan salmon memiliki manfaat yang bisa mencegah kerusakan otak dan meningkatkan sistem kerja otak. Omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon ini, berperan sangat penting untuk otak.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Ikan salmon sering kali dikonsumsi seseorang yang sedang menjalankan program diet. Karena kandungan ikan salmon bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal. Ikan salmon dapat membantu pembakaran kalori di dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Tak hanya bermanfaat untuk tubuh saja. Ikan salmon juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Ikan salmon bekerja untuk memperbaiki kulit yang inflamasi, membantu menyembuhkan jerawat, dan mengurangi risiko kanker kulit.

Cara Memasak Ikan Salmon

1. Dibakar

Cara memasak ikan salmon yang pertama adalah dengan cara dibakar. Daging salmon memiliki tekstur yang lunak, sehingga akan lebih mudah matang saat dibakar. Sahabat Fimela bisa membakar daging salmon selama 10 hingga 15 menit saja, dan beri sedikit perasan lemon untuk menambah cita rasa daging salmon.

2. Direbus

Jika ingin memasak dengan praktis, rebuslah daging ikan salmon selama 10 menit saja. Merebus ikan salmon bisa menggunakan air biasa maupun air kaldu. Jangan terlalu lama merebus ikan salmon, agar kandungan gizi di dalamnya tidak hilang.

3. Diasap

Cara memasak yang selanjutnya adalah dengan diasap. Sebelum mengasap ikan salmon, ada baiknya marinasi daging salmon dengan bumbu-bumbu tertentu. Gunakan waktu selama 10menit saja untuk mengasap ikan salmon, agar tekstur dan kualitasnya tetap terjaga.

4. Dipanggang

Untuk memasak daging salmon yang menyehatkan, gunakan cara memanggang ikan salmon. Panggang daging ikan salmon sekitar 20 hingga 30menit di dalam oven. Walaupun membutuhkan waktu yang lebih lama daripada cara memasak lainnya, tetapi memanggang daging salmon tidak mengurangi kualitasnya.

5. Salmon Mentah

Di restoran Jepang, sering kali ikan salmon dinikmati dengan mentah tanpa dimasak apapun. Cara ini memang paling menyehatkan, karena kandungan di dalam ikan salmon tidak berkurang. Namun, saat memotong ikan salmon harus diperhatikan dengan benar. Kesalahan dalam memotong daging ikan salmon, dapat menurunkan cita rasa dan membuat daging terasa amis. Jangan lupa untuk memilih ikan salmon yang segar dan dicuci sampai bersih.

Resep Sup Ikan Salmon

Bahan-bahan:

  • 500 gr ikan salmon fillet
  • 4 siung bawang putih, iris
  • 4 siung bawang merah, iris
  • 1/4 bagian bawang bombai, iris
  • 1 ruas jahe, potong panjang korek api
  • 2 buah serai, iris
  • sayuran (kentang, wortel, brokoli)
  • daun seledri
  • daun bawang
  • garam
  • air
  • minyak wijen
  • minyak goreng
  • kecap asin
  • jeruk nipis

Cara memasak:

  1. Langkat pertama, marinasi daging ikan salmon dengan jeruk nipis, sisihkan.
  2. Kemudian goreng bawang merah, bawang putih, bawang bombai sampai harum.
  3. Setelah itu masukkan jahe dan ikan salmon, tambahkan garam, air secukupnya, lalu ungkep sebentar saja. Beri sedikit minyak wijen.
  4. Tambahkan air untuk kuah dan masukkan sayuran. Aduk dan masak hingga mendidih.
  5. Terakhir masukkan daun seledri dan daun bawang. Sajikan.
Loading