Sukses

Food

Mooncake Kue Keberuntungan dalam Tradisi Musim Gugur Tionghoa dengan Cita Rasa Autentik Namun Dikemas Modern

Fimela.com, Jakarta Masyarakat Tionghoa bukan hanya merayakan Imlek saja, mereka pun memiliki tradisi merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur yang dirayakan setiap tanggal 15 bulan ke-8 menurut kalender Imlek.

Tanggal tersebut dipilih karena masyarakat Tionghoa percaya, bulan berada di posisi paling dekat dengan bumi yang dianggap melambangkan bersatunya pria (matahari) dengan wanita (bulan), seperti Yin dan Yang dalam tradisi Tionghoa.

Maka salah satu tradisi yang tidak boleh ketinggalan dalam perayaan tersebut ialah kue bulan atau mooncake. Kue manis padat yang biasanya diberi isian cokelat, telur kuning asin atau pasta kacang merah ini berbentuk kotak, bulat atau segitiga dengan motif ukuran di atasnya.

Tak sembarang kue, mooncake ini melambangkan harapan baik, keberuntungan, dan kemakmuran. Sedangkan ukiran dalam kue bulan pun tak sembarangan dibuat karena umumnya menggunakan simbol atau aksara Tionghoa yang bermakna “panjang umur” ataupun “harmoni”. Namun, seiring perkembangan jaman banyak orang sudah mulai memodifakasi bentuk dari ukiran ini menjadi bentuk-bentuk unik.

Nah jika ingin mencicipi mooncake dengan cita rasa tradisional, menjelang Festival Pertengahan Musim Gugur, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place menghadirkan Mooncake Hampers yang menampilkan berbagai kue bulan warna-warni bercita rasa tinggi yang dikemas dalam kotak-kotak indah yang dirancang oleh Kezia Karin.

Mooncake bercita rasa tradisonal dalam kemasan modern

Setiap tahun, Executive Chinese Chef, Ken Lee, dan tim kulinernya selalu memiliki berkreasi membuat Mooncake menjadi luar biasa. Seperti tahun ini dengan tema The "Traditional Flavours Hamper", mooncake disajikan dalam kotak merah menyerupai lentera, menawarkan cita rasa kue bulan klasik, seperti Teratai Kuning Ganda, Teratai Kuning Tunggal, Teratai Putih Polos, Teratai Wijen Hitam, Teratai Putih Durian, dan Teratai Kacang Merah.

Ada juga "Premium Flavours Hamper" berbentuk keranjang makanan tradisional China, berisi kue bulan spesial dengan kombinasi rasa yang khas dan premium, seperti Teratai Pandan Arang Bambu, Teratai Coklat Valrhona Kulit Labu, Teratai Kelapa Kering Rendah Gula , dan Teratai Buah Kering Almond dalam Kulit Matcha.

Kezia Karin, desainer interior ternama Indonesia, mengambil inspirasi dari legenda Tiongkok saat mendesain Mooncake Hampers 2022 The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. Kolaborasi ini menghadirkan dua kotak hamper dengan sketsa indah di atasnya, yang menggambarkan kisah bagaimana Festival Kue Bulan pertama kali muncul.

"Inspirasi datang dari legenda romantis Tiongkok tentang Chang E dan Houyi, yang menurut saya adalah pahlawan dalam menciptakan tradisi kue bulan. Ketika kami memikirkan desainnya, kami pikir akan sangat menyenangkan untuk melihat ke belakang, lalu mengambil itu sebagai inspirasi dan membawanya ke pengaturan kontemporer modern, "kata Kezia Karin dalam siaran pers yang diterima Fimela.com.

Mooncake Hampers by The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place dapat dipesan hingga 10 September 2022.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading