Sukses

Food

Apa Manfaat Kunyit Putih? Cek 5 Khasiat Ini!

Fimela.com, Jakarta Kunyit bukan hanya berfungsi sebagai rempah dan bumbu masakan, tapi juga memiliki khasiat kesehatan yang bagus untuk tubuh. Kunyit sendiri ternyata memiliki banyak varian, ada kunyit hitam hingga kunyit putih. Kunyit putih sekilas tampilannya mirip dengan jahe tapi di Indonesia lebih sering disebut dengan temu putih, tapi memiliki manfaat yang juga tidak bisa diabaikan. Apa manfaat kunyit putih? Ini manfaat tanaman yang memiliki nama latin Curcuma zedoaria tersebut.

1. Melancarkan pencernaan

Kunyit putih dapat digunakan untuk mengobati masalah pencernaan seperti perut kembung, buang air besar tidak teratur, sembelit, diare, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, kolik abdomen, radang usus hingga cacingan. Senyawa pada kunyit putih mampu meredakan nyeri, menetralkan racun dan membantu mengatasi ketidakseimbangan asam di dalam sistem pencernaan.

2. Mengatasi masalah pernapasan

Dahak dan lendir yang menumpuk di paru-paru dapat menyebabkan sesak napas, napas pendek-pendek, mengi dan kesulitan bernapas lainnya. Minum sari kunyit putih mampu membantu melegakan penyumbatan lendir dan dahak di dalam sistem pernapasan karena pilek, asma, dan batuh sehingga hidung terasa lebih plong dan sirkulasi udara lebih lancar.

3. Meredakan peradangan dan nyeri

Kandungan antiinflamasi pada kunyit putih sangat baik dalam mengatasi peradangan, pembengkakan, infeksi dan luka di dalam tubuh. Kunyit putih juga sangat baik dalam meringankan nyeri persendian seperti arthritis, rematik dan lain sebagainya. Senyawa kurkumenol berperan seperti aspirin sehingga sangat membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri di dalam tubuh.

4. Mengatasi radikal bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam kunyit putih mampu mengatasi radikal bebas di dalam tubuh sehingga bisa mencegah berkembangnya sel-sel abnormal. Antioksidan berfungsi menjaga sel-sel sehat tubuh yang menyebabkan kerusakan dan memicu kerusakan lebih lanjut. Antioksidan bahkan dapat berfungsi sebagai anti penuaan dini atau obat awet muda.

5. Sifat antimikroba dan antijamur

Kunyit putih memiliki sifat antimikroba kuat yang bisa melawan E.coli, S.aureus, spesies Cornyebacterium, Candida sp, Aspergillus sp. dll. Penelitian menemukan bahwa antimikroba pada kunyit putih sama kuatnya seperti obat kumur yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri patogen di dalam mulut sehingga bisa mengatasi bau mulut, sariawan dan membersihkan rongga mulut secara alami. Sifat antijamur bisa membantu mengobati penyakit kulit.

Itu dia sekian manfaat kunyit putih yang bagus untuk tubuh.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading