Sukses

Food

How To: 3 Tips Membuka Tutup Botol Menggunakan Selembar Kertas

Fimela.com, Jakarta Membuka botol terlihat seperti hal yang sepele dan tidak terlalu sulit untuk dilakukan kapanpun dan dimanapun oleh setiap orang. Namun, membuka botol ternyata dapat menjadi sebuah masalah yang besar, apalagi jika jenis botol yang ingin dibuka adalah jenis botol kaca. Jenis botol kaca biasanya memiliki tutup yang sangat erat yang sulit untuk dibuka jika hanya menggunakan tangan kosong.

Membuka tutup botol kaca akan menjadi mustahil jika sedang berada di luar dan tidak ada alat bantuan pembuka tutup botol untuk digunakan. Hal ini tentunya akan sangat membuat kesal juga membuat tenggorokan pun terasa semakin haus dan kering karena tidak bisa meminum minuman yang ada di dalam botol kaca yang masih tersegel tersebut.

Ada banyak tips tersebar di internet terkait cara membuka tutup botol selain menggunakan alat pembuka tutup botol, mulai dari menggunakan sepatu high heels, kunci, lipbalm, korek api, sampai menggunakan pisau. 

Namun, ternyata ada benda lain yang dapat menjadi solusi untuk masalah ini lho. Benda tersebut adalah selembar kertas. Pastinya bingung 'kan bagaimana selembar kertas bisa membuka tutup botol yang erat yang bahkan sulit untuk dibuka dengan tangan kosong? Merangkum dari berbagai sumber, berikut tips membuka tutup botol dengan selembar kertas.

Langkah-Langkah Membuka Tutup Botol dengan Kertas

Mengutip dari instructable.com dan refinery29.com, berikut merupakan 3 langkah atau metode untuk membuka tutup botol kaca hanya dengan menggunakan selembar kertas:

1. Lipat Kertas Sebanyak 6 Kali

Cara pertama untuk membuka tutup botol dengan kertas adalah dengan melipat kertas secara vertikal sebanayak enam kali. Lipatlah kertas sampai kertas terasa keras dan kaku, dan agak sulit untuk ditekuk. Jika sudah kertas sudah dirasa kaku, lipat lagi menjadi seukuran korek api gas.

2. Cek Lipatan Kertas

Setelah kertas selesai di lipat sebanyak enam kali sampai menjadi seukuran korek api gas, pastikan lipatan sudah keras dan tegas. Langkah yang satu ini sangat penting untuk menentukan berhasil atau tidaknya membuka botol dengan selembar kertas. Lipatan yang kurang kuat hanya akan membuat kertas bengkok dan tidak mampu untuk membuka tutup botol. Jika lipatan kertas dirasa sudah cukup kuat, kita bisa langsung beralih ke metode selanjutnya.

Langkah Selanjutnya

3. Percobaan Pertama Pada Botol

Setelah berhasil melakukan dua langkah sebelumya, sekarang waktunya untuk mencoba lipatan kertas yang sudah dilipat tadi ke tutup botol kaca yang ingin dibuka. Caranya cukup mudah, pertama pegang botol dengan erat. Pastikan tangan kering saat memegang botol agar botol tidak tergelincir saat hendak dibuka. Letakan jempol di bagian dekat mulut botol untuk memberikan tekanan kepada tutup botol agar mudah dibuka. 

Setelah posisi memegang botol sudah benar, siapkan lipatan kertas tadi. Lalu, letakkan ujung lipatan kertas ke bagian bawah tutup botol yang bergerigi. Setelah itu, dorong lipatan kertas yang sudah diletakkan di bagian bawah tutup botol ke arah atas.Langkah terakhir adalah mendorong dengan sekuat tenaga agar tutup botol bisa terlepas, manfaatkan jempol yang memegang mulut botol untuk memberi tekanan dan tutup botol pun bisa terlepas.

Cara membuka tutup botol dengan menggunakan selembar kertas memang terbilang unik, maka dari itu banyak orang yang masih belum tau soal cara yang satu ini. Padahal, cara ini bisa sangat membantu apalagi jika sedang berada di tempat yang minim alat ringan seperti pembuka tuutp botol. 

Dengan cara ini, tidak perlu lagi mencari benda-benda tajam untuk membuka tutup botol. Orang juga akan sangat dimudahkan apabila sedang bermain di taman dan ingin meminum minuman segar dari botol kaca. Dengan mengetahui tips ini, orang tidak akan lagi merasa kehausan di bawah terik sinar matahari.

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading