Sukses

Food

Apa Itu Tepung Ketan? Simak Resep Olahan Tepung Ketan yang Enak dan Mudah Dibuat

Fimela.com, Jakarta Ada berbagai macam jenis tepung yang biasa digunakan untuk memasak. Mulai dari tepung terigu, tepung beras, tepung tapioka, tepung maizena, tepung sagu, tepung ketan, dan lain-lain. Tepung tersebut punya kegunaannya masing-masing.

Contohnya tepung terigu. Tepung terigu masih terbagi lagi berdasarkan kandungan protein di dalamnya, yaitu tepung terigu protein tinggi, sedang dan rendah. Tepung terigu protein tinggi sendiri umumnya berfungsi atau banyak digunakan untuk membuat roti, mie, kulit martabak, kulit lumpia atau kulit pangsit karena bisa menghasilkan terkstur yang lebih kenyal dan lebih elastis. 

Tepung terigu protein sedang disebut juga sebagai tepung terigu serba guna karena memang bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan. Baik itu untuk cake, pastry, muffin, brownies, pasta, hingga untuk membuat berbagai kulit makanan. Sedangkan tepung terigu protein rendah daya serap airnya sangat rendah jadi cenderung kering dan sangat cocok untuk membuat makanan yang renyah atau light dan airy. Misalnya saja goreng-gorengan, biskuit, kue kering, chiffon cake, black forest, sponge cake, waffle, pancake, crepes, hingga kerupuk. 

Sama halnya dengan tepung terigu, tepung lainnya pun punya fungsinya masing-masing dalam menciptakan makanan yang lezat. Begitu juga dengan tepung ketan. Namun apa itu tepung ketan? Berikut penjelasan tepung ketan dan resep olahannya yang nikmat dan bisa ditirukan di rumah.

Apa Itu Tepung Ketan?

Tepung ketan adalah tepung yang terbuat dari beras ketan hitam atau putih yang diolah dengan cara digiling, ditumbuk atau dihaluskan. Teksturnya mirip dengan tepung beras, namun jika diraba, tepung ketan akan terasa lebih lengket. Hal ini karena tepung ketan lebih banyak mengandung pati yang beperekat.

Tepung ketan juga banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk beragam kue. Perlu diingat bahwa tepung ketan tidak boleh dimasak terlalu lama agar kue tidak pecah dan berubah bentuk. Hal ini karena sifat ketan yang cepat masak seperti pada pembuatan kelepon atau kue ku.

Resep Klepon

Bahan-bahan:

  • 125 gram tepung ketan
  • 125 ml air
  • 25 gram tepung beras
  • 1/2 butir kelapa parut
  • 1/2 sendok teh garam
  • gula merah secukupnya
  • pasta pandan secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung beras dan tepung ketan di dalam wadah.
  2. Tuang air hangat sedikit demi sedikit sembari diaduk.
  3. Tambahkan pasta pandan sampai adonan berwarna hijau.
  4. Bentuk jadi bulatan, kemudian isi dengan gula merah di bagian dalamnya.
  5. Rebus klepon sampai mendidih, angkat dan tiriskan.
  6. Sajikan klepon bersama parutan kelapa

Itulah penjelasan mengenai tepung ketan dan resep olahannya yaitu klepon yang nikmat dan mudah dibuat. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading