Sukses

Food

Kisah Menarik di Balik Nama Roti Unyil sebagai Oleh-Oleh khas Bogor

 

Fimela.com, Jakarta Kalau pernah berkunjung atau jalan-jalan ke Bogor, pasti tak asing dengan Roti Unyil. Roti Unyil memang sudah dikenal sebagai salah satu ikon oleh-oleh Bogor yang sangat legendaris. Selain itu, ternyata ada cerita menarik di balik usaha Roti Unyil. 

Roti Unyil pertama kali berdiri pada tahun 1992, didirikan oleh Hendra Saputra Hawidjaja bersama sang kakak Harlianty. Usaha roti dirintis berawal ketika kedua orangtua mereka meninggal dunia. Pantang menyerah keduanya pun melakukan berbagai upaya untuk memajukan usaha kecil-kecilannya demi menghidupi keluarga. Salah satunya membuat roti dengan resep sendiri.  

Hendra memulai usaha roti ini seperti halnya roti-roti lainnya yaitu membuat roti berukuran biasa, seperti roti tawar dan roti isi dengan beragam rasa. Kemudian mengembangkan variasi rotinya dengan membuat roti yang berbeda dari roti lainnya yakni roti berukuran mini untuk menargetkan konsumen anak-anak agar mudah memakannya.

 

 

Asal Muasal Nama Roti Unyil

Konsep yang berbeda ini terbukti berhasil menarik minat pasar dan antusiasme masyarakat sangat besar pada roti mini ini hingga berhasil membuka toko pertama di Jalan Sukasari, Bogor. Saat ini Roti Unyil Venus menjadi kuliner andalan asal Bogor.

Namun, pemiliknya belum mau membuka cabang di luar Bogor, “Karena Roti Unyil sudah sangat melekat di benak masyarakat sebagai oleh-oleh khas kota Bogor. Selain itu hal ini untuk menjaga kualitas roti yang dibuat tanpa bahan pengawet,” kata Hendra Saputra Hawidjaja memaparkan alasannya.

Ada cerita menarik di balik nama Roti Unyil. Awalnya roti ini diberi nama merek Venus, karena bentuknya yang mungil maka roti ini lebih dikenal dengan sebutan Roti Unyil.  

Sebutan ini sebenarnya diberikan oleh para pelanggan mengingat film boneka “Si Unyil” sedang booming saat itu. Anak-anak yang gemar menonton “si unyil” turut menamai Venus Bakery versi mini dengan nama Roti Unyil.

Tersedia dalam Berbagai Varian Rasa

Roti Unyil pun menjadi produk khas dari Venus Bakery, yang menawarkan  25 varian rasa seperti coklat, keju, daging asap, durian, jagung, oreo, dan masih banyak lagi. Varian daging asap keju dan jagung manis merupakan favorit para pembeli. Kekuatan Roti Unyil Venus ada pada cita rasanya yang kuat dan menjadi point of interest dari roti tersebut.

Seiring kemajuan teknologi maka Roti Unyil mulai merambah dunia digital dengan membuat akun social media untuk membuka kesempatan menjadi reseller dan menjadi peluang baru bagi Roti Unyil mengembangkan pasar. Roti Unyil juga sudah melebarkan sayapnya dengan melakukan penjualan melalui platform online. 

Roti Unyil juga merupakan salah satu pemenang eKuliner Awards 2022, ajang penghargaan untuk UMKM kuliner online yang diprakarsai Paxel didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 

Roti Unyil dapat dibeli di PaxelMarket.co, platform digital jajanan nusantara. Kemampuan pengiriman cold chain delivery dan fitur Jaminan Makanan Aman, mampu menjaga kualitas Roti Unyil dalam proses pengiriman dengan aman tiba di konsumen.  Roti Unyil tersedia dengan rentang harga mulai dari 20 ribu rupiah per box berisi 10 rasa dengan menggunakan layanan next day service dan biaya ongkir 15 ribu rupiah berlaku di wilayah Jawa dan Bali.

 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading