Sukses

Food

Tips Menyimpan Kemiri Agar Tahan Lama dan Tidak Bau Tengik

Fimela.com, Jakarta Kemiri menjadi salah satu bumbu masakan yang penting ada di dapur. Meski penting, tidak setiap masakan membutuhkan kemiri di dalamnya. Alhasil, kita pun hanya menambahkan kemiri ke dalam beberapa jenis masakan saja dan tidak setiap hari memakainya. Untuk setiap masakan, kita sebenarnya juga tak memerlukan kemiri dalam jumlah banyak. Cukup dua atau tiga butir saja sudah cukup membuat masakan kita terasa lebih nikmat dan lebih sedap. 

Karena kemiri tak digunakan setiap hari, tak jarang kita sering menyimpan kemiri dalam jumlah cukup banyak dalam waktu lama. Namun sayangnya saat kemiri disimpan dalam waktu lama, ini rentan membuat kemiri berbau tengik, berjamur dan justru merusak cita rasa masakan. Kita pun harus pandai-pandai dalam menyimpan kemiri agar bisa tahan lebih lama, tidak berbau tengik apalagi berjamur. Dan kira-kira seperti apa tipsnya? Simak yang berikut ini.

Pemilihan Kemiri

Saat membeli kemiri, pastikan membeli kemiri yang kualitasnya masih bagus. Kemiri berkualitas bagus biasanya warnanya lebih kekuning-kuningan, terlihat fresh dan tidak berbau tengik pun berjamur. Kemiri dengan kualitas bagus biasanya juga lebih keras dan lebih berat. 

Sangrai Kemiri Sebelum Disimpan

Agar kemiri tahan lama dan tidak bau tengik maupun berjamur, usahakan untuk menyangrai kemiri sebelum disimpan. Cuci bersih dulu kemiri, tiriskan kemudian sangrai dengan api kecil tanpa minyak. Kenapa tanpa minyak? Karena kemiri pada dasarnya sudah mengandung minyak di dalamnya. Menambah minyak saat menyangrai kemiri justru akan membuat kemiri rentan tengik.

Dinginkan Sebelum Disimpan

Setelah disangrai, kemiri sebaiknya didinginkan di suhu ruangan. Ini untuk menurunkan risiko kemiri berkeringat saat disimpan dalam keadaan panas. 

Simpan Rapat di Stoples

Simpan rapat kemiri yang sudah kering di dalam stoples. Setelah itu kamu bisa menyimpan kemiri di tempat kering, bersih dan suhu ruangan. Tambahkan cengkeh atau kayu manis ke dalam stoples penyimpanan kemiri, ini bisa mencegah risiko kemiri berbau tengik.

Simpan di Lemari Es

Agar kemiri tahan lebih lama, tidak ada salahnya jika kamu menyimpan kemiri di lemari es. Kemiri yang disimpan di lemari es bisa bertahan hingga berminggu-minggu. Tapi ingat, kemiri yang disimpan di lemari es sebelumnya juga harus ditempatkan di wadah kedap udara seperti stoples atau kantong plastik. 

Itulah beberapa tips praktis dan mudah menyimpan kemiri agar tahan lebih lama dan tidak berbau tengik maupun berjamur. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading