Sukses

Food

5 Cara Mengetahui Madu Asli atau Palsu, Pahami Agar Tidak Tertipu

Fimela.com, Jakarta Madu menjadi salah satu asupan nutrisi yang memiliki segudang manfaat buat kesehatan tubuh. Madu dikenal tak hanya memiliki kelezatan, aroma dan rasa manis yang khas, madu juga dikenal sebagai super food dengan segudang manfaat bahkan sebagai salah satu obat terbaik untuk berbagai jenis penyakit. 

Selama ini madu menjadi sesuatu yang begitu diburu oleh masyarakat. Selain untuk dikonsumsi, madu juga digunakan dalam beragam hal lain seperti perawatan kecantikan. Tak heran jika banyak produsen madu di luar sana berlomba-lomba menawarkan madu asli untuk para konsumennya. Tapi sayangnya, meski banyak madu yang beredar berlabel madu asli, tidak sedikit madu yang ada adalah madu dengan tambahan gula atau bahan lain di dalamnya. 

Agar kita tidak tertipu saat membeli madu, ada beberapa cara untuk mengetahui suatu madu asli atau palsu. Berikut beberapa cara untuk mengetahui madu asli atau palsu. Simak baik-baik dan jangan sampai tertipu ya.

Tes Air

Mengutip dari laman resmi Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, cara pertama untuk mengetahui madu asli atau tidak yakni dengan mengetesnya di air. Madu asli tidak akan segera larut saat bercampur dengan air. Sedangkan madu palsu akan langsung cair sesaat setelah dimasukkan ke dalam air.

Manfaatkan Cuka

Tes madu dengan memanfaatkan cuka. Jika madu yang dicampur dengan sedikit cuka berbusa, kemungkinan besar madu tidak lagi murni. Besar kemungkinan madu ini sudah ada campuran bahan lain di dalamnya. 

Simpan di Lemari Es

Madu asli tak akan membeku atau menggumpal saat disimpan di lemari es. Sedangkan madu yang telah dipalsukan, akan lebih rentan membeku, menggumpal bahkan berubah warna saat disimpan di lemari es.

Gunakan Api

Tes keaslian madu dengan api. Madu asli akan sangat mudah terbakar. Sedangkan madu yang telah dipalsukan atau memiliki banyak campuran di dalamnya, akan membutuhkan jeda waktu untuk terbakar. 

Manfaatkan Tisu

Tisu juga bisa digunakan untuk mengetes keaslian madu. Caranya adalah tuang satu tetes madu di atas tisu kering. Jika madu langsung meresap ke dalam tisu, ini menandakan madu sudah dipalsukan. Madu asli tidak akan mudah meresap ke tisu atau ke kain. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian madu. Semoga informasi ini bermanfaat. Semoga kita lebih bijak dalam membeli madu di sekit

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading