Sukses

Food

Apa Itu Pancake? Simak Penjelasan serta Resepnya di Sini

Fimela.com, Jakarta Roti merupakan salah satu jenis makanan yang disukai banyak orang hampir di seluruh dunia. Bahkan di sebagian daerah, roti dijadikan sebagai makanan pokok. Sementara di Indonesia sendiri roti hanya dijadikan sebagai camilan.

Meskipun begitu, roti tetap menjadi makanan favorit bagi sebagian besar orang Indonesia. Ada banyak sekali jenis roti yang dibuat di Indonesia bahkan dijadikan makanan khas di beberapa daerah.

Salah satu roti yang cukup populer di Indonesia adalah pancake. Pancake identik dengan rasa manisnya. Pancake banyak disukai dan menjadi makanan favorit kebanyakan orang. Di Eropa, pancake biasanya dijadikan makanan utama. Namun di Indonesia pancake sama saja seperti roti-roti lainnya yang hanya menjadi camilan.

Namun sebenarnya apa itu pancake dan bagaimana cara membuatnya? Yuk simak penjelasan mengenai apa itu pancake serta cara membuatnya berikut ini.

Apa Itu Pancake?

Apa itu pancake? Pancake adalah kue yang dibuat dari terigu, telur ayam, gula dan susu. Bahan-bahan tersebut dicampur dengan air membentuk adonan kental yang digoreng di atas wajan datar yang diolesi sedikit minyak. Kue ini dimakan dengan tambahan mentega dan sirup mapel, selai, atau madu. Selain itu, pancake juga sering dimakan dengan keju, buah beri, dan irisan daging.

Seiring dengan perkembangan jaman, pancake diadopsi di berbagai Negara. Di Perancis, pancake-nya ada yang berbentuk tipis dan crispy yang disebut crepes dan galettes yang lebih tebal dan mengembang seperti bentuk roti. Sementara itu, di Jerman pancake memiliki bentuk yang lebih padat dan terbuat dari bahan dasar kentang (pfannkuchen). Di Indonesia sendiri, pancake diadopsi menjadi makanan yang dibuat dari tepung beras kemudian diberi nama serabi.

Resep Pancake yang Mudah Dibuat

Bahan-bahan:

  • Tepung terigu 100 gr
  • Susu cair 250 ml
  • Garam secukupnya
  • Telur 1 butir, pisahkan putih dan kuningnya
  • Margarin secukupnya untuk olesan

Bahan untuk topping:

  • Sirup mapple
  • Es krim
  • Coklat leleh

 

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah untuk adonan pancake, masukkan tepung terigu, kuning telur dan garam.
  2. Gunakan spatula atau whisk untuk mengaduk-aduk adonan, aduk sampai merata dan benar-benar tercampur. Jika masih ada gumpalan atau gelembung pada adonan, aduk lagi sampai menghilang.
  3. Gunakan mixer untuk mengocok putih telur pada wadah yang berbeda. Setel pengatur kecepatan ke mode tinggi pada mixer anda.
  4. Tuangkan adonan putih telur ini ke dalam adonan tepung terigu. Dengan menggunakan spatula, aduk-aduklah adonan hingga merata.
  5. Siapkan teflon atau wajan anti lengket diatas kompor yang menyala dengan api kecil, lalu cairkan sedikit margarin.
  6. Setelah wajan menjadi cukup panas, tuangkan kira-kira 2.5 sendok sayur adonan lalu tutupilah wajan dengan penutupnya.
  7. Tunggu sebentar lalu baliklah adonan tersebut. Lakukan sampai matang dan berwarna kecoklatan.Kemudian, angkat adonan dan letakkan diatas piring. Taruh 2 scoop ice cream di atasnya, lalu tambahkan sedikit sirup maple dan lelehan coklat.
  8. Pancake sederhana siap untuk dinikmati.

Itulah penjelasan mengenai apa itu pancake serta resepnya yang sangat mudah dibuat. Bagaimana, tertarik mencoba?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading