Sukses

Food

5 Tips Menyimpan Madu Agar Tahan Lama dan Tetap Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Madu menjadi salah satu makanan dengan segudang manfaat. Madu yang identik dengan rasa manis dan tekstur kental, tak hanya digunakan sebagai pemanis makanan. Madu juga sering dijadikan obat untuk segala penyakit. Madu juga sebagai salah satu nutrisi untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan antioksidan. 

Agar madu memiliki kualitas yang tetap baik dan tahan lebih lama saat disimpan, ada beberapa cara yang harus diperhatikan dalam menyimpannya. Kita sebaiknya menyimpan madu dengan cara yang tepat dan benar, agar manfaat madu tetap maksimal meski telah disimpan dalam waktu yang cukup lama. 

Bagaimana kira-kira caranya?

Simpan di Wadah Plastik atau Kaca

Simpan madu di wadah plastik atau kaca. Cara ini membantu kualitas madu tetap baik meski telah disimpan di waktu lama. Hindari menyimpan madu di wadah berbahan logam atau tanah liat karena bisa menyebabkan kerusakan pada madu. Usahakan juga agar madu disimpan di wadah yang tertutup.

Simpan di Tempat yang Kering dan Bersih

Letakkan madu di tempat yang kering dan bersih. Hindarkan juga madu dari sinar matahari langsung. Madu yang disimpan di tempat lembab dikhawatirkan akan mudah terserang bakteri atau jamur. Sedangkan madu yang disimpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau panas, bisa mengalami kerusakan dan penurunan kualitas.

Hindari Menyimpan Madu di Lemari Es

Pastikan untuk tidak menyimpan madu di dalam lemari es. Madu yang disimpan di lemari es terutama di freezer bisa membeku. Jika madu membeku atau mengkristal, ini akan menyulitkan kita dalam memanfaatkan madu sesuai kebutuhan. Madu sebaiknya disimpan di suhu ruang. 

Jauhkan Madu dari Api

Pastikan untuk menjauhkan madu dari sumber api seperti halnya kompor. Madu yang terkena panas rentan mengalami perubahan warna, penurunan nutrisi dan penurunan kualitas.

Hindari Madu Terkenal Cairan Lain

Usahakan agar madu tidak terkena cairan lain saat disimpan. Saat madu terkena cairan lain, meski itu hanya setetes air putih, kualitas dan nutrisi pada madu bisa berubah. Madu yang telah terpapar dari cairan lain bisa mengalami kerusakan dan tak bisa tahan lebih lama. 

Itulah beberapa cara untuk menyimpan madu agar tahan lebih lama dan kualitasnya tetap baik. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading