Sukses

Food

Cara dan Tips Masak Cumi Asin agar Tidak Alot

Fimela.com, Jakarta Cumi asin bisa diolah jadi ragam masakan sedap dan lezat. Bagi yang baru pertama kali akan mengolah cumi asin, ada tips masak cumi asin yang perlu diikuti. Tips ini berkaitan dengan mempersiapkan cumi asian agar tidak alot ketika diolah dan dibumbui.

Kalau tidak ingin masakan jadi keasinan, kita bisa menyesuaikan takaran garam. Bisa juga dengan mempersiapkan cumi asin dengan mengurangi rasa asinnya. Selengkapnya, bisa langsung simak cara dan tips masak cumi asin yang enak di bawah ini.

 

 

1. Cumi Asin Direndam Air Panas

Cumi asin yang sudah dicuci dengan air mengalir bisa direndam dalam air panas. Rendam selama sekiar 10 menit. Setelah itu, buang airnya dan bilas cumi asin sebelum diolah dan dibumbui.

 

 

2. Cumi Asin Direndam Air Perasan Jeruk Nipis

Kalau ingin kadar rasa asinnya berkurang, cumi asin bisa direndam dalam air perasan jeruk nipis. Jadi, setelah direndam air panas selama 15 menit agar cumi asin lunak, cumi asin bisa direndam dalam air yang diberi air perasan jeruk nipis selama 15 menit. Setelah direndam dalam air perasan jeruk nipis, cumi asin bisa dibilas dengan dengan air mengalir.

 

 

3. Cumi Asin Direbus 20 Menit

Cumi asin bisa dipotong-potong lebih dulu. Kemudian, rebus selama sekitar 20 menit dengan panci tertutup menggunakan api sedang. Cara ini bisa dicoba untuk mengurangi rasa asin berlebih pada cumi dan mendapatkan tekstur yang lebih empuk sebelum diolah atau dibumbui.

Biasanya agar tekstur cumi asin tidak alot, cukup direndam air panas sebelum diolah. Namun, jika ingin mengurangi rasa asinnya bisa dicoba dengan merebusnya lebih dulu.

Semoga cara dan tips masak cumi asin ini bermanfaat, ya. Selamat memasak!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading