Sukses

Food

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Butter, Margarin dan Mentega

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela termasuk salah satu orang yang sulit membedakan antara margarin dan mentega? Atau, kamu juga sulit mengerti tentang butter? Perlu kita tahu, sebenarnya butter adalah sebutan lain untuk mentega. Sementara itu, mentega dan margarin adalah dua hal yang berbeda.

Mengutip dari laman webMD.com, meski butter (mentega) dan margarin memiliki bentuk yang hampir sama, keduanya adalah dua hal yang sangat jauh berbeda. Lantas, apa perbedaan antara margarin dan mentega? Yuk, simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

Butter atau Mentega

Butter atau mentega merupakan produk olahan susu yang dibuat menjadi krim. Butter terbuat dari olahan susu yang mengandung kadar lemak cukup tinggi di dalamnya. Umumnya, mentega terbuat dari susu sapi, susu domba, susu kambing atau susu kerbau. Butter atau mentega memiliki warna kuning pucat atau putih kekuningan tergantung makanan hewan yang diambil susunya.

Mentega memiliki beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi tersebut antara lain omega 3, asam lemak CLA, vitamin K dan masih banyak lagi. Meski memiliki beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh, mentega sering disebut meningkatkan risiko kolesterol bahkan jantung. Mentega umumnya digunakan pada makanan seperti kue kering, frosting dan sejenis. Ini mengingat bahwa mentega memiliki cita rasa gurih dan ringan. 

Margarin

Jika mentega terbuat dari susu sapi atau bahan hewani, margarin umumnya terbuat dari bahan nabati seperti minyak canola, minyak sawit dan minyak lain yang tak memiliki lemak jenuh. Selain minyak nabati, bahan lain untuk membuat margarin antaranya air, garam dan pengemulsi. Dibandingkan mentega, warna margarin lebih kuning cerah. 

Sama dengan mentega, margarin juga memiliki beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Margarin mengandung lemak tak jenuh ganda yang bisa mencegah risiko kolesterol. Meski begitu, lemak trans yang ada di dalam margarin sering dikaitkan dengan risiko penyakit kronis yang lebih tinggi. Pada masakan, margarin sering digunakan untuk makanan yang dipanggang. Kandungan air yang cukup tinggi dalam margarin membuat makanan mengandung margarin memiliki tekstur lebih lembut. 

Jadi gimana nih Sahabat Fimela, sudah tahu kan apa itu butter, margarin dan mentega? Jangan sampai salah lagi dalam membedakannya ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading