Sukses

Food

Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Buah blueberry adalah salah satu buah yang disukai banyak orang, meskipun buah ini tidak begitu populer di Indonesia karena buah blueberry bukanlah buah yang berasal dari Indonesia. Salah satu alasannya karena buah ini rasanya manis dan menyegarkan. Selain itu, buah blueberry juga bisa diolah menjadi berbagai makanan yang enak.

Buah-buahan umumnya mengandung berbagai vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Begitu juga dengan buah blueberry. Meskipun buahnya kecil, namun buah ini mengandung banyak manfaat untuk kesehatan.

Apa saja manfaat buah blueberry bagi kesehatan? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa Saja Manfaat Buah Blueberry Untuk Kesehatan?

1. Menangkal Radikal Bebas

Buah yang memiliki rasa asam ini memiliki antioksidan yang sangat tinggi, karena didalamnya terdapat kandungan anthocyanin yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk menetralisir radikal bebas.

Radikal bebas sendiri dapat menyebabkan penuaan. Kandungan lain pada blueberry, yaitu phytonutrient juga mencegah menumpuknya radikal bebas. Radikal bebas diserap oleh zat tersebut dan membuangnya berbarengan dengan kotoran dan keringat.

2. Cocok untuk yang Sedang Diet

Blueberry memiliki kalori yang sedikit, jadi kamu bisa mengkonsumsi buah ini tanpa takut gemuk. Jadi, buah ini cocok banget untuk Toppers yang sedang menjalankan program diet.

Kandungan pada buah dari keluarga beri ini seperti polyphenol juga mampu mempercepat penurunan berat badan.

3. Membantu Meremajakan Kulit

Manfaat blueberry untuk kulit sangat beragam, kulit akan terhindar dari bintik hitam, keriput, selulit dan masalah kulit lainnya. Blueberry mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat membangun kolagen untuk mengencangkan dan meremajakan kulit.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Masalah mata seperti miopi, katarak, hingga infeksi yang berkaitan dengan retina, dapat dihindari dengan mengonsumsi buah blueberry. Buah ini mengandung antioksidan yang disebut dengan karotenoid dan senyawa lainnya yang baik untuk kesehatan mata.

5. Menjaga Imunitas

Buah blueberry mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan pada buah blueberry ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Lainnya dari Buah Blueberry

6. Meningkatkan Konsentrasi

Sebuah penelitian menunjukan orang yang tidak mengonsumsi jus blueberry mengalami penurunan kinerja sampai 20%. Seorang peneliti mengungkapkan bahwa blueberry dapat merangsang oksigen dan aliran darah ke otak, ini yang membuat pikiran tetap aktif.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang banyak dialami, penyakit ini bahkan bisa memicu penyakit stroke. Namun dengan mengkonsumsi blueberry, fungsi pembuluh darah menjadi meningkat dan menurunkan tekanan darah sistolik.

8. Mengurangi Resiko Diabetes

Manfaat blueberry lainnya adalah dapat mengurangi risiko diabetes. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi blueberry, memiliki 23 persen risiko lebih rendah untuk terkena diabetes tipe 2.

9. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Pada buah blueberry terdapat banyak kandungan zat aktif yaitu anti-perekat. Kandungan ini dapat mencegah bakteri Escherichia coli (E. coli) agar tidak menempel pada dinding kandung kemih.

10. Meredakan Nyeri Otot

Setelah berolahraga, blueberry merupakan buah yang paling tepat untuk dikonsumsi. Buah ini dapat memperbaiki dan mencegah peradangan pada otot yang kaku. Blueberry juga dapat mengobati rasa pegal dan dapat meningkatkan kekuatan otot.

Ternyata manfaat dari buah blueberry untuk kesehatan tubuh sangat beragam. Yuk mulai konsumsi buah blueberry!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading