Sukses

Food

Tips Memasak Sotong Supaya Lembut dan Tidak Alot Dikunyah

Fimela.com, Jakarta Sekilas sotong mirip dengan cumi-cumi. Meski keduanya mirip, ternyata keduanya adalah dua hal yang berbeda. Cumi-cumi termasuk ordo Teuthida dan sotong termasuk Sepiida. Cumi-cumi umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil sedangkan sotong memiliki ukuran tubuh yang lebih besar. Perbedaan yang mencolok di keduanya ada di jumlah tentakel. Meski berbeda, untuk masakan biasanya cumi dan sotong dimasak dengan resep yang sama. Cara memasak keduanya pun tidak berbeda antara satu dengan lainnya. 

Sama dengan memasak cumi, kita pun perlu lebih bijak dalam memasak sotong. Karena ketika kita tidak memasaknya dengan tepat, keduanya rentan alot dan keras.  Lantas, bagaimana memasak sotong supaya lebih lembut dan tidak alot saat dikunyah? Simak tipsnya berikut ini.

1. Pilih Sotong yang Masih Segar

Saat membeli sotong, sebaiknya pilih sotong yang masih segar. Sama dengan hewan laut lainnya, hewan yang masih segar memiliki tekstur dan cita rasa yang lebih enak. Ini juga memungkinkan sotong lebih lembut namun renyah setelah dimasak. 

2. Bersihkan dengan Cara yang Benar

Saat memembersihkan sotong, lakukan cara yang sama dengan membersihkan cumi. Buang isi dalam perut sotong atau tintanya, buang tulang rawan di dalam tubuhnya dan bila perlu buang lapisan kulit luarnya. Ketika sotong dibersihkan dengan benar, rasa dan penampilannya setelah dimasak akan lebih baik.

3. Lumuri dengan Air Jeruk Nipis

Untuk menghilangkan bau amis pada sotong dan membuat tubuhnya lebih lunak, kamu  bisa melumuri dagingnya dengan air jeruk nipis. Air jeruk nipis juga akan membuat daging sotong lebih kesat. Diamkan kira-kira selama lima menit sebelum dibilas dan dimasak sesuai selera. 

4. Gunakan Bumbu yang Tepat

Ketika ingin memasak sotong, sebaiknya gunakan bumbu yang tepat sesuai selera. Tips agar bumbu matang bersama sotong dan meresap, goreng dulu bumbu seperti cabai, bawang merah dan bawang putih sebelum dihaluskan. Memasak sotong bersama bumbu yang telah digoreng atau dimatangkan sebelumnya akan membuat daging sotong tetap lembut dan tidak alot setelah dimasak.

Karena sotong hanya perlu dimasak dalam waktu sebentar saja. Jika kamu ingin bumbu meresap, sebaiknya marinasi dulu daging sotong besama bumbu kira-kira selama 1 jam. Baru kemudian kamu bisa memasaknya sebentar saja.

5. Masak Sebentar Saja

Masak sotong sebentar saja. Sama dengan cumi, sotong yang dimasak terlalu lama justru rentan keras, alot dan tampak layu. Sotong yang dimasak terlalu lama juga rentan mengecil ukurannya.

Itulah tips sederhana memasak sotong supaya dagingnya lembut dan tidak alot. Semoga tips ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membuat masakan lezat serta sehat untuk keluarga tercinta di rumah.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading