Sukses

Food

Resep Madu Mongso, Kudapan Tradisional Khas Jawa Timur

Fimela.com, Jakarta Jika berbicara tentang kuliner khas Indonesia memang tak ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki kuliner andalannya masing-masing yang menjadi salah satu ciri khas dari daerah tersebut. Mulai dari makanan berat, minuman, hingga jajanan.

Berbicara mengenai jajanan, di Indonesia banyak sekali terdapat jajanan tradisional yang sampai sekarang masih eksis. Salah satunya madu mongso jajanan tradisional yang masih eksis hingga saat ini.

Dilansir dari Wikipedia, Madu Mongso adalah jajanan yang terbuat dari ketan hitam yang telah difermentasi yang kemudian dimasak dengan gula. Jajanan manis khas Jawa Timur ini dimasak dengan waktu yang cukup lama hingga menjadi seperti jenang. Jajanan ini biasanya dihidangkan sebagai sajian saat lebaran atau acara tertentu seperti pernikahan.

Untuk kamu yang penasaran seperti apa lezatnya jajanan tradisional ini, kamu bisa membuatnya di rumah. Kamu bisa menyimak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Bahan-bahan

  • Tape ketan dari ½ kg ketan hitam
  • 150 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • 250 ml santan kental dari ½ butir kelapa
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan, ikat simpul

 

Cara Membuat

  1. Dalam wajan berukuran lumayan besar, rebus santan, gula merah, gula putih, garam dan daun pandan, masak sampai santan menyusut dan gula agak mengental.
  2. Masukkan tape ketan hitam, sambil diaduk – aduk. Masak diatas api kecil.
  3. Masak kurang lebih sekitar 30- 35 menit. Setelah adonan madu mongso agak lengket dan mengumpal matikan api. Setelah api dimatikan aduk aduk madumongso sebentar, lalu taruh madumongso didalam wadah, biarkan dingin.
  4. Setelah madu mongso dingin, bungkus madu mongso sesuai selera.

Itulah resep dan cara membuat madu mongso. Selamat mencoba.

 

Penulis: Diah Ayu V

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading