Sukses

Food

Cara Membersihkan Babat agar Tidak Hitam

Fimela.com, Jakarta Suka dengan daging babat? Sajian dengan daging babat memang punya aroma dan cita rasa khas tersendiri. Hanya saja kadang yang cukup merepotkan adalah menyiapkan daging babat sebelum diolah.

Agar daging babat bersih dan tidak hitam saat dimasak atau dibumbui, cara mempersiapkannya perlu memperhatikan sejumlah langkah penting. Berikut ini tips dan langkah-langkah yang bisa diikuti untuk membersihkan babat sebelum diolah. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Gunakan Kapur Sirih

Untuk 300 gram daging babat, bisa siapkan 2 sdm kapur sirih. Serta siapkan air yang cukup untuk merendam. Babat yang sudah dicuci bersih, direndam dalam air yang sudah diberi air kapur sirih.

2. Rendam Babat Sampai Kotoran Terlepas

Proses perendaman bisa sekitar 1 jam. Tunggu sampai semua kotoran terlepas. Setelah kotoran terlepas dari daging babat, buang air rendamannya.

 

 

3. Rebus Daging Babat

Daging babat yang sudah direndam, direbus sampai mendidih. Setelah mendidih, buang air bekas rebusan. Lalu rebus kembali babat dengan air yang baru.

4. Rebus 3-4 Kali

Proses perebusan bisa diulangi tiga hingga empat kali. Tergantung dari seberapa bersih dan empuk daging babat yang diinginkan. Setelah babat selesai direbus, angkat dan bilas.

5. Rendam dalam Air Kapur Sirih Kembali

Masukkan daging babat ke dalam baskom. Siram dengan air panas. Lalu, taburi dengan kapur sirih kembali. Kemudian, diamkan selama 1 jam. Setelah selesai direndam, tiriskan. Kemudian rebus untuk terakhir kalinya sampai daging babat empuk.

Babat yang sudah dibersihkan dan direbus bisa langsung siap diolah atau dibumbui sesuai selera. Selamat mencoba dan semoga suka!

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading