Sukses

Food

5 Makanan Khas Qatar Tuan Rumah Piala Dunia 2022 yang Kaya Rempah

Fimela.com, Jakarta Qatar sebagai negara yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 kini menjadi pusat perhatian. Mulai dari budaya, destinasi wisata, hingga makanan khas menjadi hal yang dicari banyak orang. Makanan khas Qatar sebagai salah satu negara daerah Timur Tengah cukup banyak diminati warga Indonesia. Apalagi saat ini di mana Qatar tengah menjadi sorotan dunia, banyak orang mencari tahu bahkan mencicipi berbagai makanan khas tuan rumah Piala Dunia 2022 ini.

Lalu, apa saja makanan khas Qatar yang menarik untuk dicoba? Mulai dari hidangan utama hingga hidangan penutup yang manis dan memanjakan lidah, berikut rangkumannya.

1. Machboos

Machboos adalah makanan popular khas negara Qatar yang biasa dihidangkan untuk menu utama. Terdiri dari nasi dan potongan daging domba atau ayam, machboos sangat cocok menjadi hidangan berat. Biasanya daging ayam yang digunakan adalah bagian paha dan sayap. Rasanya sangat khas dengan perpaduan berbagai rempah yang memanjakan lidah seperti jinten, ketumbar, cengkeh, kunyit, hingga jeruk nipis.

2. Luqaimat

Luqaimat adalah makanan yang terbuat dari roti yang berbentuk bulat kecil. Rasanya yang manis membuat luqaimat menjadi makanan favorit warga Timur Tengah, khususnya Qatar, sebagai hidangan penutup. Luqaimat diolah dengan cara digoreng lalu dicelupkan ke dalam sirup manis. Biasanya luqaimat akan ditaburi biji wijen di atasnya sebelum dihidangkan untuk mempercantik dan memperkaya rasa.

3. Balaleet

Balaleet adalah makanan yang terbuat dari telur dadar dan mi ataupun spageti. Di Indonesia, makanan ini mirip dengan mi bihun yang disajikan dengan telur dadar goreng. Dimasak menggunakan kayu manis, kapulaga, dan saffron, balaleet menjadi menu andalan untuk sarapan favorit warga Timur Tengah.

4. Thareed

Thareed adalah salah satu hidangan paling popular di Qatar. Biasa dihidangkan dalam porsi besar, thareed merupakan makanan berupa sup kaldu ayam atau domba yang dimasak dengan saus tomat dan berbagai jenis sayur seperti kentang, wortel, dan lainnya. Cara memakan thareed adalah dengan menaruhnya di atas roti tipis yang mirip dengan crepe sebagai pengganti nasi.

5. Kunafa

Kunafa adalah pastry khas negara Qatar. Teksturnya yang renyah membuat kunafa menjadi hidangan penutup khas negara Timur Tengah ini. Makanan ini terdiri dari keju leleh atau krim keju sebagai isi yang dilengkapi dengan kacang pistachio, kismis, serta parutan kelapa sebagai topping. Rasanya yang legit, manis, dan gurih membuat kunafa cocok untuk lidah setiap orang.

Menarik ya berbagai makanan khas negara Qatar yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Makanan mana yang sahabat Fimela ingin coba?

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading