Sukses

Food

Cara Merebus Telur agar Tidak Retak, Simak Tipsnya Ini!

Fimela.com, Jakarta Telur rebus yang retak biasanya akan lebih sulit dikupas. Kalaupun berhasil dikupas, permukaan telur rebus jadi tidak cantik lagi. Untuk itu, dalam proses perebusan kita perlu menggunakan cara yang tepat agar telur tidak retak.

Ada tips mudah yang bisa dicoba agar telur tidak retak saat direbus. Tipsnya mudah dan sederhana. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Pastikan Telur Bersuhu Ruang

Ada baiknya tak langsung merebus telur yang masih dingin atau yang baru dikeluarkan dari kulkas. Keluarkan dan diamkan dulu telur di suhu ruang sebelum direbus. Karena perubahan suhu yang terlalu ekstrem (dari telur yang dingin ke suhu air panas) bisa membuat telur rentan retak dalam proses perebusan.

2. Masukkan Telur Sebelum Air Didihkan

Jangan menunggu air mendidih baru telur dimasukkan. Jadi, masukkan telur dan air bersamaan di panci. Setelah itu, baru nyalakan kompor. Cara ini bisa membuat telur aman dan tidak gampang retak. Kalau telur dimasukkan saat air sudah dalam keadaan mendidih, telur akan gampang retak karena air yang bergejolak.

 

 

3. Tambahkan Garam

Fungsi penambahan garam ke air rebusan bukan untuk membuat telur jadi asin. Melainkan untuk menjaga suhu panas tetap stabil. Dengan proses perebusan yang suhunya stabil, telur rebus tidak gampang retak.

4. Proses Perebusan Jangan Terlalu Lama

Biasanya 9-10 menit proses perebusan sudah bisa menghasilkan telur rebus yang matang sempurna. Kalau proses perebusan terlalu lama, telur bisa rentan pecah dan retak.

Itu tadi cara dan tips yang bisa dicoba agar telur tidak gampang retak saat direbus. Semoga infonya bermanfaat, ya!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading