Sukses

Food

5 Cara Memasak Bunga Pepaya agar Tidak Pahit dan Tidak Gatal

Fimela.com, Jakarta Bunga pepaya bisa diolah jadi masakan sedap. Kandungan nutrisi dan seratnya yang baik untuk tubuh pun membuatnya cocok dikonsumsi secara berkala. Selain itu, kandungan vitaminnya seperti vitamin A, B1, dan C juga baik untuk tubuh.

Hanya saja kadang permasalahan dalam memasak bunga pepaya adalah rasanya yang terlalu pahit dan getahnya yang kadang bikin gatal. Namun, dengan cara pengolahan yang tepat, rasa pahit dan getahnya bisa dihilangkan. Caranya bisa dengan mengikuti salah satu tips ini.

1. Pakai Daun Jaranan

Didihkan air bersama daun jaranan. Sementara itu, remas-remas bunga pepaya dengan garam sampai agak layu, lalu bilas. Setelah air mendidih, rebus bunga pepaya hingga lunak atau empuk. Angkat dan tiriskan. Lalu, bunga pepaya bisa dibumbui atau diolah sesuai selera.

2. Pakai Daun Jambu Biji dan Garam

Proses perebusan bisa lebih dari satu kali agar rasa pahit dan getahnya hilang. Bisa pakai daun jambu biji dan garam. Rebus bunga pepaya dengan daun jambu biji selama sekitar 20 menit. Lalu, buang air rebusannya. Pisahkan bunga pepaya dari daun jambu biji. Kemudian, rebus bunga pepaya dengan 3-5 sdt garam. Buang air rebusan, lalu bunga pepaya bisa dibumbui sesuai selera.

3. Pakai Asam Jawa

Asam Jawa juga bisa dipakai untuk bantu menghilangkan rasa pahit dan getah bunga pepaya. Caranya cukup mudah. Rebus air dan asam jawa sampai mendidih. Masukkan bunga pepaya, aduk sebentar, dan rebus sampai bunga pepaya lunak. Buang air rebusan, tiriskan bunga pepaya, lalu bilas dengan air dingin, dan tiriskan kembali.

4. Pakai Daun Singkong dan Daun Luntas

Siapkan daun singkong dan daun luntas. Lalu, masukkan ke dalam air rebusan bersama bunga pepaya. Rebus sampai bunga pepaya layu. Kemudian, tiriskan. Pisahkan bunga pepaya dari daun singkong dan daun luntas. Atau kalau mau semuanya dicampur untuk ditumis bersama juga bisa.

5. Remas dan Cuci Berulang Kali

Kalau tak punya bahan dedaunan atau asam jawa seperti yang disebutkan di atas, bisa coba cara ini. Caranya rebus bunga pepaya sampai layu, lalu remas sampai kandungan airnya berkurang. Cuci dengan air dingin mengalir sambil diremas. Kalau masih pahit, proses perebusan dan peremasan bisa diulangi lagi.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan getah dan rasa pahit bunga pepaya. Semoga bisa jadi informasi yang bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading