Sukses

Food

Tips Menyimpan Jamur Agar Tahan Lebih Lama

Fimela.com, Jakarta Jamur menjadi bahan makanan yang disukai oleh hampir semua orang. Jamur juga cocok diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Sayangnya, jamur memiliki daya simpan yang singkat. Ketika kita tidak menyimpan jamur dengan baik, jamur rentan busuk atau layu. 

Lantas, bagaimana agar jamur bisa disimpan untuk waktu yang cukup lama? Kali ini Fimela memiliki tips untuk menyimpan jamur agar tahan lebih lama. Berikut tipsnya. Simak baik-baik dan lakukan di rumah ya.

Tips Menyimpan Jamur

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyimpan jamur. Hal ini membantumu untuk dapatkan jamur yang tetap fresh meski telah disimpan lebih dari dua hari. Berikut hal tersebut. 

  • Saat membeli jamur, pastikan untuk memilih jamur yang masih segar atau baru petik. Untuk jamur yang baru petik biasanya lebih segar dengan aroma jamur yang khas pula. 
  • Simpan jamur di dalam wadah kedap udara. Hal ini akan membuat jamur tetap segar meski telah disimpan dalam waktu lama. 
  • Simpan jamur di dalam lemari es. Setelah dimasukkan ke dalam wadah kedap udara, masukkan jamur tersebut ke dalam lemari es. Ini akan membuat jamur tahan lebih lama kurang lebih 3 sampai 4 hari. 
  • Simpan jamur dalam kondisi sudah dimasak. Ini akan membuat jamur memiliki cita rasa yang lebih sedap. Jamur yang dimasak juga akan tahan lebih lama ketika disimpan setelah dimasak.

Hindari Hal Ini Saat Menyimpan Jamur

Selain ada hal-hal yang perlu dilakukan atau diperhatikan saat menyimpan jamur, ada pula hal-hal yang perlu dihindari saat menyimpan jamur. Hal yang perlu dihindari tersebut antara lain sebagai berikut: 

  • Hindari menyimpan jamur dalam keadaan basah. Sebelum menyimpan jamur, sebaiknya jangan mencuci jamur terlebih dahulu. Sebisa mungkin hindari untuk mencuci jamur. 
  • Jangan simpan jamur di dekat bahan makanan dengan bau menyengat. Ini dikhawatirkan akan mengubah cita rasa dan aroma jamur. 
  • Hindari menyimpan jamur di tempat yang basah atau lembab. Tempat seperti ini akan membuat jamur lebih mudah rusak. 
  • Hindari juga menyimpan jamur di bawah sinar matahari langsung. Jamur yang terkena sinar matahari langsung akan mudah layu atau kering. Ini juga membuat kualitas jamur menurun. 

Itulah sekilas mengenai tips menyimpan jamur agar tahan lebih lama. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading