Sukses

Food

5 Tips dan Cara Mengentalkan Saus dengan Tepung

Fimela.com, Jakarta Beberapa saus perlu dikentalkan menggunakan tepung terigu, maizena atau mungkin tapioka seperti pada saus bechamel, cream soup, saus lumpia, vla pudding dan lain sebagainya. Namun terkadang jika tidak tepat teknik pemasakannya, penambahan tepung ini bisa menyebabkan kegagalan saat membuat saus. Ada beberapa tips dan cara tepat yang perlu dilakukan jika ingin mengentalkan saus dengan tepung, berikut ini detailnya.

1. Campurkan tepung ke dalam air

Cara pertama agar bisa sukses membuat saus yang dikentalkan dengan tepung adalah menyampurkannya dahulu dengan air dingin atau suhu ruangan. Fungsi dari melarutkan tepung dengan air terlebih dahulu adalah untuk mencegah penggumpalan. Tepung tidak bisa langsung dimasukkan ke dalam bahan saus yang sedang dipanaskan karena rentan menggumpal. Jadi langkah terbaiknya adalah melarutkan atau menyampurkan dulu dengan air, setelah itu dituang ke dalam bahan yang sedang dipanaskan.

2. Perhatikan porsi tepung

Porsi juga perlu diperhatikan sebelum memasukkan tepung ke dalam saus karena jika ingin saus yang kental, bisa menambahkan tepung agak banyak, tapi jika ingin saus yang cair, gunakan sedikit saja. Perlu hati-hati ketika menggunakan tepung karena saus bisa jadi terlalu kental hingga menjadi padat jika terlalu banyak tepung. Misalnya untuk 300 ml air yang ingin dijadikan saus, cukup gunakan 1 sendok teh maizena atau 1-2 sdm tepung terigu. Trik yang bisa dilakukan adalah menambahkan sedikit demi sedikit sambil dilihat konsistensi kekentalannya.

3. Jangan gunakan api besar

Jika ingin membuat saus yang dikentalkan dengan tepung, jangan menggunakan api besar saat memasaknya. Suhu terlalu tinggi berisiko menyebabkan bahan gosong, menggumpal, tidak bisa menyatu/homogen dan lain sebagainya. Gunakan api kecil namun panas, jika ingin menaikkan suhu, maksimal gunakan suhu sedang. Beberapa saus bahkan perlu dimasak berjam-jam agar bahan bisa matang sempurna.

4. Jangan langsung diangkat

Begitu kamu sudah yakin saus sudah tercampur rata dan rasanya enak, jangan langsung diangkat. Lanjutkan memasak selama 1-2 menit dengan api kecil guna memastikan bahwa bahan-bahan di dalamnya tidak terasa bertepung atau terasa mentah. Terkadang suhu panas bisa mengaburkan rasa pada makanan ketika sampai di lidah. Jadi untuk menghindari bencana "kurang matang', sebaiknya lanjutkan memasak setelah saus mengental.

5. Jangan lupa diaduk

Satu hal yang perlu diingat saat membuat saus yang dikentalkan dengan saus adalah rajin mengaduk. Jangan lelah mengaduk saus selama dimasak atau dipanaskan agar tidak menggumpal atau gosong di dasar. Aduk terus selama proses pemasakan terutama jika membuat saus kental.

Jadi jika ingin mengentalkan saus misalnya saus bechamel, cream soup, dan lain sebagainya, gunakan cara dan tips di atas untuk mengentalkan saus. Semoga bermanfaat.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading