Sukses

Food

4 Cara Memperbaiki Adonan Roti yang Tidak Mengembang

Fimela.com, Jakarta Banyak orang merasa memasak makanan seperti sayur dan lauk pauk jauh lebih mudah dibandingkan membuat roti yang harus memerhatikan banyak faktor agar roti tidak gagal. Salah satu kegagalan besar dalam membuat roti adalah adonan roti yang tidak mengembang. Lalu bagaimana cara mengatasinya jika adonan terlanjur tidak mengembang? Ini sekian hal yang bisa dilakukan.

1. Tempatkan di suhu 27–32 °C

Suhu hangat dan lembap adalah iklim terbaik bagi ragi untuk berkembang biak. Jika di rumah cuaca sedang hujan atau memakai AC sehingga suhu udara lebih dingin dan kering dari biasanya, tentu mengganggu proses mengembangnya adonan roti. Untuk mengatasinya, panaskan oven atau microwave dengan suhu 27–32 °C sehingga mirip suhu ruangan yang hangat. Atur pula kelembapan ideal dengan menambahkan mangkuk-mangkuk air kecil di sudut-sudut oven. Atau bisa juga mengisi loyang dengan air mendidih yang diletakkan di rak paling bawah oven sementara adonan di rak tengah.

2. Tambahkan ragi

Jika kondisi hangat dan lembap masih kurang mendukung dalam mengakrifkan ragi, coba tambahkan lagi ragi ke dalam adonan. Gunakan ragi baru, larutkan ragi dengan 3-4 sdm air hangat dan satu sendok makan gula, lalu tunggu hingga berbusa atau mengembang, itu tanda ragi masih aktif. Campurkan air ragi tersebut dengan adonan. Banyaknya air bisa disesuaikan tergantung kepadatan adonan, asalkan tidak menggunakan air mendidih atau terlalu panas karena justru akan membunuh ragi.

3. Kurang diuleni

Terkadang tidak mengembangnya ragi pada adonan roti juga bisa disebabkan oleh kurannya proses menguleni. Proses menguleni adonan membantu memberikan suhu pada adonan sekaligus mengaktifkan gluten dan protein yang juga dapat membantu berkembangnya ragi di dalam adonan. Periksa apakah adonan lengket saat disentuh. Jika demikian, ini mungkin adonan yang kurang diuleni. Uleni hingga halus saat disentuh dan tidak lagi menempel di tangan.

4. Terlalu lama menguleni

Terlalu sedikit sama buruknya dengan terlalu banyak, itu juga berlaku pada menguleni adonan roti. Jika kurang diuleni adonan tidak akan mengembang, jika terlalu lama diuleni juga akan membunuh ragi. Terlalu banyak menguleni bisa membuat adonan jadi keras sehingga tidak bisa mengembang. Setelah diuleni, diamkan lagi dan tutup dengan kain di atas wadah untuk menciptakan suasana ideal agar ragi mengembang.

Itu sekian hal yang bisa dilakukan jika ingin memperbaiki adonan roti yang tidak mengembang. Semoga bermanfaat ya!

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading