Sukses

Food

4 Tips agar Bolu Kukus Gula Merah Mekar Sempurna

Fimela.com, Jakarta Sedang mencari tips agar bolu kukus gula merah mekar sempurna yang bisa langsung dicoba di rumah? Membuat bolu kukus gula merah yang empuk dan mekar mereka sebenarnya cukup mudah. Selain memastikan takaran bahannya pas, langkah-langkah pencampuran adonan hingga pengukusan perlu diperhatikan.

Berikut ini empat tips agar bolu kukus gula merah mekar sempurna yang bisa langsung diikuti. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Didihkan Gula Merah dan Air Santan Sampai Gula Larut

Rebus 400 gram gula merah dengan 400 ml santan hingga mendidih dan gula larut. Bisa ditambahkan daun pandan, sejumput garam, dan vanili. Setelah gula larut, biarkan larutan gula dingin di suhu ruang.

 

 

2. Kocok Adonan Telur Sampai Pucat Mengembang

Empat butir kuning telur bisa dikocok 85 gram gula pasri, 1/2 sdt baking powder, dan 1 sdt baking soda. Kocok dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi hingga pucat mengembang. Setelah itu, larutan gula merah dan tepung terigu (sekitar 500 gram) bisa dituangkan sambil dikocok dengan mixer berkecepatan rendah. Terakhir, masukkan minyak sayur (200 ml) ke adonan, dan aduk dengan spatula sampai rata.

 

 

3. Panaskan Kukusan Lebih Dulu

Panci pengukus perlu dipanaskan lebih dulu. Usahakan air sudah mendidih dalam panci pengukus. Sembari menunggu panci pengukus panas, bisa tuang adonan kue bolu ke cetakan yang sudah dilapisi paper cup.

 

 

4. Kukus dengan Api Besar

Kukus kue bolu selama sekitar 20 ment dengan api besar. Lapisi penutup panci dengan serbet agar air tidak menetes ke kue bolu kukus. Setelah kue matang, tunggu hingga uap panasnya hilang, lalu sajikan.

Bagaimana? Empat tips agar bolu kukus gula merah mekar sempurna di atas mudah diikuti, kan? Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading