Sukses

Food

5 Tips Ayam Goreng Tepung Keriting Renyah Krispi dan Tidak Alot

Fimela.com, Jakarta Ayam goreng memang menjadi salah satu menu lauk andalan banyak orang. Cara menggoreng ayam pun ada berbagai macam jenis, ada yang tanpa tepung, dengan tepung krispi dan ada juga dengan tepung keriting. Bagaimana caranya membuat ayam goreng tepung keriting? Mungkin banyak orang penasaran dan ingin membuatnya sendiri di rumah. Jika tertarik membuat ayam goreng tepung keriting, mungkin ini sekian tips yang bisa dicoba.

1. Teknik dicubit-cubit

Saat proses pelapisan dengan tepung kering, sebaiknya ayam sambil dicubit-cubit agar tepung menempel dan agar menghasilkan tekstur kerting di bagian luarnya. Tepung akan keriting dengan sendirinya saat digoreng dan menimbulkan tekstur ayam yang renyah dan garing di luar namun empuk dan juicy di dalam.

2. Tambahkan telur

Terkadang telur berfungsi melembutkan dan mengembangkan adonan, dalam hal menggoreng ayam, telur juga berfungsi sebagai pengembang, pemberi tekstur sekaligus pemberi rasa gurih pada hasil gorengan. Jika ingin bagian luar ayam goreng keriting yang renyah dan tidak alot, telur menjadi salah satu bahan yang sebaiknya tidak dihilangkan.

3. Tambahkan baking powder

Penambahan baking powder juga membantu pembuatan ayam goreng keriting. Baking powder akan mengembangkan adonan dan membuat bagian dalamnya berongga sehingga tidak keras saat digigit. Baking powder juga membantu memberikan tekstur gorengan yang renyah keriting yang tidak bantet setelah digoreng.

4. Gunakan air dingin

Menggunakan air dingin atau air es dipercaya membantu membuat tekstur ayam goreng menjadi keriting renyah. Dibandingkan menambahkan air suhu ruangan atau bahkan hangat, gunakan air es untuk membuat ayam goreng keriting yang gurih dan renyah.

5. Goreng dalam minyak panas

Jangan memasukkan ayam dalam minyak yang belum panas, karena hasilnya tidak akan keriting dan hanya akan menyerap lebih banyak minyak. Tunggu hingga minyak dalam keadaan benar-benar panas, lalu masukkan ayam yang sudah dibalut tepung. Suhu panas akan memnguapkan cairan di bagian terluar ayam goreng dan cepat mematangkan ayam namun menjaga dagingnya di bagian dalam tetap juicy.

Itu dia sekian tips ayam goreng keriting yang bisa dicoba di rumah.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading