Sukses

Food

5 Tips Menggoreng Tahu Sutra agar Tidak Lengket di Wajan

Fimela.com, Jakarta Tahu sutra punya tekstur yang lebih lembut. Dibandingkan tahu biasa, menggoreng tahu sutra perlu cara tersendiri agar tidak lengket di wajan atau mudah hancur dalam proses penggorengan. Meski butuh kesabaran ekstra, tapi dengan mengikuti cara dan tips menggoreng tahu sutra yang tepat, kita bisa membuat tahu sutra goreng yang enak.

Berikut ini ada lima tips menggoreng tahu sutra yang bisa diikuti. Dimulai dari penyiapan minyak goreng hingga proses penggorengan. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Gunakan Wajan Anti Lengket

Sangat disarankan menggunakan wajan anti lengket untuk menggoreng tahu sutra. Apalagi kalau akan menggoreng tahu sutra yang sudah terlalu lama disimpan di kulkas atau kualitasnya kurang baik, pemakaian wajan anti lengket akan memudahkan kita menggoreng tahu sutra agar tidak lengket.

 

 

2. Panaskan Minyak yang Cukup Banyak

Siapkan minyak yang cukup banyak saat akan menggoreng tahu sutra. Panaskan dengan api sedang. Pastikan minyak sudah dalam keadaan benar-benar panas sebelum memasukkan tahu suttra. Selain itu, usahakan tahu sutra tenggelam sepenuhnya ke dalam minyak saat digoreng. Dengan begini, tahu sutra bisa lebih cepat matang merata dan tidak gampang hancur.

 

 

3. Tiriskan Tahu sebelum Digoreng

Tahu sutra yang akan digoreng sebaiknya ditiriskan lebih dahulu. Kalau sebelumnya direndam dalam air, keluarkan tahu dari rendaman lalu tepuk-tepuk permukaan tahu dengan tisu dapur untuk mengurangi kadar air di dalamnya. Tahu juga bisa dipotong dengan ketebalan sekitar 3 cm untuk memudahkan proses penggorengan.

 

 

4. Goreng dengan Sekali Balik

Dalam proses penggorengan, tahu sutra jangan terlalu sering dibalik. Cukup sekali balik. Jadi ketika satu sisi sudah tampak kecoklatan dan padat, baru balik untuk mematangkan sisi satunya. Tahu sutra yang terlalu sering dibolak-balik saat digoreng akan mudah hancur dan lengket di wajan.

 

 

5. Lapisi Tahu Sutra dengan Tepung Maizena

Cara ini juga bisa menjadi alternatif mudah agar tahu sutra tidak mudah hancur saat digoreng. Tahu sutra bisa dilapisi lebih dulu dengan tepung maizena dan garam. Baluri tahu sutra dengan lapisan tepung agar ketika digoreng tidak gampang hancur. Bisa juga pakai tepung bumbu serbaguna untuk membuat lapisan luar tahu sutra.

Itu tadi lima tips menggoreng tahu sutra yang bisa dicoba. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading