Sukses

Food

Perhatikan, Ada 5 Jenis Rempah yang Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Jantung

Fimela.com, Jakarta Rempah adalah bahan penting untuk membuat rasa hidangan semakin unik. Selain itu, rempah juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan.

Rempah mengandung antioksidan tinggi dan antioksidan melawan radikal bebas yang bisa merusak tubuh. Khususnya untuk kesehatan jantung, antioksidan membantu mengurangi dampak peningkatan kadar kolesterol.

Karena rempah bisa meningkatkan rasa, mereka juga bisa mengurangi kebutuhan akan garam, yang bisa meningkatkan tekanan darah dan memperburuk gejala gagal jantung. Selain itu, gula juga bisa menyebabkan penambahan berat badan dan memperburuk kadar glukosa, yang bisa membebani jantung, seperti dilansir dari huffpost.com.

1. Kayu manis

Aromatik dan manis dengan nada pedas dan kayu, kayu manis adalah bahan pembuat roti yang penting dan bumbu dapur yang umum, baik untuk membuat pai labu, gulungan kayu manis, atau untuk tambahan semangkuk oatmeal. Kayu manis telah terbukti membantu mengontrol kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes. Kayu manis menurunkan kolesterol dan juga trigliserida, sehingga membantu meningkatkan profil kolesterol.

 

 

2. Jinten

Jinten yang digunakan baik sebagai biji utuh maupun bubuk giling merupakan tambahan umum dalam masakan India dan Meksiko. Jinten adalah rempah yang menyehatkan jantung karena mengandung flavonoid, antioksidan kuat yang bisa membantu menurunkan peradangan dalam tubuh. Jinten juga bisa membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan pelepasan empedu dari hati untuk membantu mencerna lemak.

3. Bawang putih

Secara botani, bawang putih adalah sayuran, tapi sering dikelompokkan sebagai bumbu. Bawang putih telah terbukti meningkatkan kelenturan pembuluh darah dan bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Selain itu, bawang putih juga bisa mengurangi tekanan darah, yang penting untuk kesehatan jantung. Bawang putih dan rempah lain dari kelompok allium adalah antioksidan dan berperan dalam menurunkan tekanan darah. Yang terbaik adalah makan bawang putih segar, tapi jika tidak tersedia atau kamu lebih nyaman dalam bentuk kering, kamu masih bisa memperoleh manfaatnya.

4. Jahe

Senyawa aktif dalam jahe adalah gingerol, yang terbukti menurunkan stres oksidatif. Stres oksidatif dapat meningkatkan aterosklerosis dan penyakit jantung, dan biasanya terjadi secara berlebihan di banyak kondisi jantung, dan menurunkannya bermanfaat untuk kesehatan jantung.

5. Paprika

Paprika adalah bumbu yang menyehatkan jantung karena kandungan vitamin Anya yang kaya. Paprika adalah keluarga beta karoten, yang merupakan karotenoid kuat, pigmen yang memberi warna cerah pada paprika dan memberi dorongan antioksidan pada makanan. Beberapa penelitian menunjukkan paprika juga bisa membantu menurunkan kolesterol HDL.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading