Sukses

Food

4 Tips Memasak Kacang Merah agar Empuk dengan Panci Biasa

Fimela.com, Jakarta Kacang merah bisa diolah jadi ragam masakan dan sajian istimewa. Rasa dan tekstur kacang merah yang khas memang bisa menghadirkan cita rasa yang berbeda. Kali ini, Fimela akan membagikan sejumlah cara dan tips memasak kacang merah agar empuk yang bisa langsung dicoba.

Mungkin cara tercepat untuk merebus atau memasak kacang merah adalah dengan menggunakan panci presto. Namun, pakai panci biasa pun kita bisa memasak kacang merah agar cepat empuk. Selengkapnya, langsung saja simak tips dan caranya berikut ini.

 

 

1. Kacang Merah Direndam Semalaman

Siapkan baskom yang berisi air. Rendam kacang merah di dalamnya selama semalaman. Kacang merah yang sudah direndam akan lebih cepat empuk saat direbus atau diolah.

 

 

2. Rebus dengan Metode 5-30-7

Kacang merah yang sudah direndam semalaman bisa langsung direbus. Siapkan air baru di dalam panci. Didihkan air. Masukkan kacang merah. Rebus selama 5 menit. Matikan kompor dan diamkan kacang merah dalam panci tertutup selama 30 menit. Setelah itu rebus kembali selama 7 menit. Metode ini bisa digunakan kalau akan mengolah kacang merah dalam jumlah sedikit agar cepat empuk.

 

 

3. Rebus dengan Menambahkan Air Secara Berulang

Didihkan air. Rebus kacang merah sambil sesekali diaduk. Kalau air surut tapi kacang merah belum empuk, tambahkan air lagi. Lakukan secara berulang dan tambahkan air bila diperlukan dalam proses perebusan agar kacang merah cepat empuk.

 

 

4. Tambahkan Garam ke Air Rebusan

Bisa tambahkan garam ke proses perebusan. Jadi, ketika kacang merah setengah matang, bisa tambahkan sejumput garam ke air rebusan. Cara ini bisa bantu menjaga suhu air tetap panas dan stabil dan memperlancar proses perebusan kacang merah. Gunakan api kompor yang cukup besar agar kacang merah cepat empuk.

Itu tadi empat tips memasak kacang merah agar empuk yang bisa dicoba. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading