Sukses

Food

4 Tips Memasak Brokoli agar Tetap Hijau dengan Bahan Sederhana

Fimela.com, Jakarta Sayur brokoli termasuk makanan rendah kalori dan tanpa kolesterol. Bila diolah dengan tepat, brokoli bisa dikonsumsi rutin untuk menunjang kebutuhan gizi dan vitamin tubuh. Kali ini, Fimela akan membagikan sejumlah tips memasak brokoli agar tetap hijau yang mudah untuk dicoba.

Dengan tampilan brokoli yang masih hijau dan segar, pastinya akan lebih menggugah selera. Selengkapnya, langsung saja simak cara dan tips memasak brokoli agar tetap hijau berikut ini.

 

 

1. Brokoli Direndam dengan Air Garam

Siapkan sebaskom air yang diberi sekitar 1/2 sdt garam. Rendam brokoli dalam air garam selama sekitar 5 menit. Tujuannya untuk membersihkan brokoli dari ulat-ulat kecil yang mungkin masih bersembunyi di sela-sela kuntum brokoli. Setelah bebas ulat, brokoli bisa dicuci dan dibilas hingga bersih.

 

 

2. Rebus Air Sampai Mendidih

Rebus air di panci sampai mendidih. Lalu, tambahkan 1 sdt garam. Garam bisa jadi bahan sederhana yang bisa digunakan untuk merebus brokoli agar cepat empuk. Setelah air mendidih, masukkan brokoli. Rebus brokoli sekitar 2 menit saja. Tidak perlu direbus terlalu lama supaya teksturnya tetap renyah.

 

 

3. Masukkan Brokoli Rebus ke Air Es

Setelah brokoli selesai direbus, segera pindahkan ke baskom yang berisi air es. Perendaman brokoli rebus ke air es bertujuan untuk menghentikan proses pematangan. Sehingga warna brokoli bisa tetap cantik dan teksturnya bisa tetap renyah.

 

 

4. Selain Direbus, Brokoli Bisa Dikukus

Brokoli juga bisa diolah dengan cara dikukus agar warnanya tetap hijau. Panaskan kukusan. Lalu, kukus brokoli yang sudah direndam air garam selama sekitar 5 menit. Brokoli kukus juga bisa jadi bahan masakan untuk menu diet.

Itu tadi sejumlah tips memasak brokoli agar tetap hijau yang bisa dicoba. Semoga informasinya bermanfaat, ya. Tetap semangat memasaknya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading