Sukses

Food

Kalori Susu Kental Manis: Kenali Faktanya untuk Aktivitasmu

Fimela.com, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau asupan kalori sangat penting untuk mendukung berbagai aktivitas sehari-hari. Terlebih sebagai kaum urban masa kini yang sering disibukkan dengan berbagai aktivitas dari pagi sampai malam. Kalori berperan memberikan energi yang diperlukan untuk menjalani aktivitas tersebut. Salah satu sumber kalori ternyata bisa didapatkan melalui asupan kalori susu kental manis. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati manfaat susu kental manis untuk mendukung gaya hidup aktif sehari-hari. Salah satunya lewat momen sarapan yang biasa dilakukan sebelum memulai aktivitas. Jam makan yang satu ini ternyata memegang peranan yang sangat penting untuk tubuh. Lewat menu sarapan yang sehat dan lezat, tubuh mendapatkan asupan nutrisi penting agar bisa menjalani aktivitas sepanjang hari. Mengingat pentingnya momen sarapan untuk menunjang energi tubuh, maka pastikan kamu tidak melewatkan jam makan yang satu ini sesibuk apapun pekerjaan. 

Jadi, seperti apa sih manfaat kalori dalam susu kental manis dan bagaimana cara memanfaatkan berbagai kebaikannya? Gali lebih dalam lewat artikel ini, Sahabat Fimela!

Kebutuhan Kalori Harian Usia Dewasa

Sering didengar dalam percakapan sehari-hari, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan kalori? Secara umum, kalori adalah nilai yang menunjukkan jumlah energi yang diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Supaya bisa menjalankan aktivitas dengan lancar sepanjang hari, memenuhi kebutuhan kalori harian sangat penting supaya fungsi dan proses yang terjadi di dalam tubuh bisa berjalan dengan baik. 

Kalori yang masuk ke dalam tubuh dari makanan dan minuman selanjutnya diubah menjadi energi lewat proses metabolisme. Energi inilah yang kemudian digunakan untuk mendukung fungsi berbagai organ tubuh. Jika terdapat sisa kalori yang tidak diubah menjadi energi, maka tubuh akan menyimpannya sebagai lemak. 

Di sinilah pentingnya menghitung jumlah kalori harian yang dibutuhkan tubuh secara tepat. Jika jumlahnya tidak mencukupi, maka tubuh tidak memiliki energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas. Namun, jika terlalu banyak kalori yang masuk pun bisa menyebabkan naiknya berat badan. 

Jadi, berapa sih jumlah kalori ideal yang dibutuhkan dalam sehari? Hal ini sebenarnya berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin, usia, tinggi badan, berat badan, serta proses metabolisme tubuh. Pada pria dewasa, mereka memerlukan kebutuhan kalori rata-rata 2.000-2.650 kalori per hari. Sementara itu, jumlah yang dibutuhkan perempuan dewasa adalah sekitar 1.800-2.250 setiap harinya. 

Proses Pengolahan Susu Sapi Segar hingga Jadi Asupan Kalori Tubuh

Kalori susu kental manis bisa menjadi asupan yang tepat saat sarapan untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh selama menjalani aktivitas sehari-hari. Nah, ternyata asupan kalori tersebut bersumber dari susu sapi segar yang melalui proses pengolahan panjang, lho. 

Sejarah peternak susu sapi ternyata berawal dari banyaknya penelitian di masa lampau untuk membuat susu segar yang lebih awet dan tahan lama. Hingga pada akhirnya di tahun 1820, Nicholas Appert yang berasal dari Perancis berhasil mengawetkan susu kental yang disimpan dalam botol. Keberhasilan ini kemudian disempurnakan kembali oleh Gail Borden Jr dari Amerika Serikat yang berhasil mematenkan teknik tekanan rendah dalam proses penguapan susu. 

Borden pun mengenalkan sebuah alat yang dapat membuat susu mengental dan mudah dikonsumsi. Dalam prosesnya, susu direbus dalam suhu 136 derajat fahrenheit yang berada di bawah titik didih normal. Percobaan ini sendiri dapat menghasilkan susu yang lebih enak, tidak berubah warna, dan bisa dinikmati dalam waktu yang lama. 

Selanjutnya proses pembuatan susu kental manis dimantapkan kembali oleh Charles Page yang merupakan sosok di balik berdirinya Anglo-Swiss Condensed Milk di Swiss pada tahun 1866. Inilah yang kemudian menjadi cikal bakal susu kental manis terasa lebih lezat saat dinikmati dalam berbagai menu sehari-hari, termasuk menemani menu sarapan yang lebih berenergi.

Berapa Jumlah Takaran Kalori Susu Kental Manis?

Memperhatikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh sangat penting untuk mendukung gaya hidup aktif. Tubuh yang lebih berenergi tentunya bisa membuat aktivitas sehari-hari jadi semakin lancar. 

Lalu, berapa jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dalam setiap penyajian susu kental manis? Sebagai informasi, angka kalori susu kental manis dalam satu sajiannya adalah sekitar 130kkal. Angka ini bisa menjadi sumber kalori baik untuk tubuh lewat menu sarapan lezat yang disantap setiap hari, misalnya susu kental manis yang dikombinasikan dengan roti atau salad buah.

Jumlah kalori pada susu kental manis lebih lengkap bisa dicek lebih jauh pada label yang tertera pada kemasan setiap produk. Dalam label ini pun kamu bisa menemukan komposisi penting lainnya berupa zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain menjadi sumber kalori, produk ini juga mengandung komposisi penting lain seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Kombinasi kandungan tersebut dapat membantu menjaga tubuh lebih berenergi dan aktif dalam menjalankan kegiatan yang padat, misalnya saja sekolah, bekerja, meeting, mengikuti komunitas, olahraga, dan sebagainya.

Pengolahan Susu Kental Manis di Indonesia Diawasi BPOM

Menikmati asupan roti tawar dan susu kental manis atau jus sirsak dengan susu kental manis sebagai menu sarapan lezat tentunya dapat mendukung tubuh menyiapkan energi yang cukup dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Tidak heran jika susu kental manis banyak diandalkan dalam kreasi kuliner tanah air yang tidak terbatas pada menu sarapan saja. Berbagai olahan tradisional seperti es campur hingga makanan kekinian seperti pie susu akan terasa lebih lezat jika dikombinasikan dengan susu kental manis. 

Dalam proses menyiapkan kalori susu kental manis yang berkualitas dan dinikmati masyarakat, proses pembuatan susu kental manis itu sendiri diawasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang didasarkan pada standar internasional Codex Alimentarius. Sementara itu, proses pembuatan susu kental manis sesuai dengan ketentuan yang ada, yaitu Peraturan BPOM Nomor 34 Tahun 2019 tentang Kategori Pangan. 

Dijelaskan bahwa susu kental manis dan analognya termasuk dalam kategori pangan 01.3. Peraturan ini menjelaskan bahwa susu kental manis merupakan produk susu dengan bentuk cairan kental yang selama prosesnya dilakukan dengan cara menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu. Dari peraturan ini dapat disimpulkan dengan jelas bahwa kalori susu kental manis berasal dari susu sapi murni yang kemudian dikreasikan menjadi sajian lezat untuk keluarga. 

Merasakan Kebaikan Kalori Susu Kental Manis Lewat Menu Sarapan

Kebaikan susu kental manis bisa dirasakan lewat berbagai menu sarapan lezat yang mendukung gaya hidup aktif sehari-hari. Kalau sedang bosan makanan yang itu-itu saja, coba kembali merasakan kebaikan kalorinya dengan kreasi menu nikmat. 

1. Roti Lapis Salad Telur

Kreasi sandwich atau roti lapis memang banyak dipilih sebagai menu sarapan. Selain rasanya yang lezat, kreasinya juga praktis dan cukup mudah. Misalnya saja sajian Roti Lapis Salad Telur yang cocok dinikmati untuk menu sarapan pagi nanti. 

Bahan-bahan:

4 potong roti tawar

3 butir telur

3 sdm mayonnaise

1 sdt saus tomat

1 sdm bawang bombay cincang

1 sdm acar timun

2 sdm susu kental manis

Garam, secukupnya

Cara membuat:

1. Rebus telur hingga matang. 

2. Panggang roti sebentar. 

3. Haluskan telur yang sudah direbus atau potong-potong kecil. 

4. Campurkan telur dengan mayonnaise, bawang bombay, acar timun, saus tomat, dan garam sesuai selera. 

5. Tambahkan susu kental manis.

6. Aduk hingga merata. 

7. Isi roti yang sudah di panggang dengan salad telur, sajikan. 

2. Pancake Pisang

Pancake menjadi menu sarapan yang juga banyak digemari karena cukup praktis dibuat dan mengenyangkan. Ditambah dengan kelezatan susu kental manis dan taburan buah pisang, menu sarapan dapat menjadi asupan kalori dan nutrisi yang tepat untuk mendukung tubuh jadi lebih berenergi.

Bahan-Bahan:

3 buah pisang matang

100 gr tepung terigu

½ sdt baking powder

½ sdt baking soda

¼ sdt kayu manis bubuk

1 sdt vanilla

1 butir telur

50 gr gula pasir

50 gr mentega

50 ml susu kental manis

Whipping cream, sesuai selera

Kacang / almond sebagai topping

Cara membuat:

1. Lelehkan mentega dengan api kecil, sisihkan.

2. Masukan tepung terigu, baking powder, baking soda dan kayu manis bubuk, aduk rata.

3. Haluskan pisang, lalu tambahkan gula, telur dan vanilla.

4. Tuang susu kental manis, aduk rata, lalu tambahkan mentega cair, aduk rata lagi.

5. Masukan campuran tepung, aduk rata.

6. Panaskan wajan, olesi mentega jika perlu, lalu Tuang adonan, masak hingga muncul gelembung lalu balik, masak lagi hingga matang.

7. Sajikan pancake dengan whipping cream dan kacang almond.

3. Kolak Pisang Labu Susu

Ingin menikmati sarapan dengan cita rasa tradisional khas Indonesia? Kolak pisang bisa jadi asupan kalori yang tepat untuk tubuh. Ditambah dengan kelezatan susu kental manis, sajian yang satu ini menghadirkan cita rasa yang lebih creamy dan nikmat. Intip resep mudahnya. 

Bahan-bahan:

250 gr labu

250 gr pisang

500 ml air

2 lembar daun pandan

½ sdt garam

150 gr gula merah

1 sdt vanilla

100 ml susu kental manis

300 ml santan kental

2 lembar pandan

½ sdt garam

Langkah Memasak:

1. Masak santan dengan pandan dan garam hingga matang

2. Kupas dan potong pisang sesuai selera

3. Rebus air, labu, dan pandan hingga setengah matang

4. Tambahkan gula merah, garam, vanilla

5. Tambahkan susu kental manis, aduk rata

6. Masukkan potongan pisang masak hingga pisang empuk

7. Sajikan dengan santan yang sudah dimasak

4. Ketan Susu

Ketan susu menjadi salah satu menu tradisional yang legendaris di Indonesia. Makanan yang satu ini juga bisa jadi kreasi menu sarapan nikmat sekaligus sumber kalori baik untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, lho. Kombinasikan dengan susu kental manis, yuk! 

Bahan-bahan:

500 gr beras ketan 

3 lembar daun pandan

350 ml santan

1 sdt garam

Susu kental manis secukupnya (20 ml per porsi)

Langkah Memasak:

1. Rendam beras ketan selama 2 jam

2. Panaskan kukusan, kukur beras ketan 15 menit

3. Panaskan santan, pandan, dan garam dalam panci, masak hingga mendidih

4. Angkat ketan setengah matang, tambahkan santan

5. Kukus kembali selama 20 menit atau hingga empuk

6. Cetak ketan dalam mangkuk

7. Sajikan dengan susu kental manis

Maksimalkan Asupan Kalori Susu Kental Manis dari Produk Berkualitas

Untuk mendapatkan asupan kalori susu kental manis yang berkualitas, jangan lupa untuk selalu memilih produk berkualitas. Cermat memilih produk yang tepat adalah kuncinya. Susu kental manis sendiri bisa dibeli di mana saja, seperti di warung, mini market, hingga supermarket terdekat. Produk ini tersedia dalam kemasan sachet, pouch, hingga kaleng yang bisa dipilih sesuai kebutuhan sehari-hari dengan harga yang cukup terjangkau. 

Jangan lupa perhatikan kemasan produk sebelum membelinya, misalnya memilih susu kental manis dengan label full cream. Selain itu, cek label kemasan untuk mencari tahu info kalori dan kandungan gizi lainnya yang lebih detail. Pastikan produk yang dibeli dalam kondisi yang masih utuh, tertutup rapat, dan tidak menggembung sebagai tanda kualitasnya masih terjaga.

Cara Alami Membakar Kalori Tubuh untuk Dukung Gaya Hidup Aktif dan Sehat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalori memegang peranan penting karena menjadi sumber energi tubuh dalam melakukan aktivitas hariannya. Namun, asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh perlu diperhatikan dengan tepat dan seimbang. 

Untuk menyeimbangkan asupannya, jangan lupa lakukan aktivitas fisik secara rutin untuk membakar kalori tubuh secara alami. Lewat olahraga secara rutin seperti jogging, bersepeda, berenang, atau olahraga indoor seperti yoga dan HIIT cardio yang bisa dilakukan di rumah, pembakaran kalori bisa dilakukan secara alami sehingga menjaga tubuh tetap sehat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading