Sukses

Food

Tips Memasak Cimol Anti Meledak yang Enak, Kuncinya Ada di Pengaturan Api

Fimela.com, Jakarta Cimol merupakan salah satu jajanan khas Sunda yang terbuat dari aci alias tepung kanji. Cara membuatnya sendiri terbilang susah-susah gampang. Ini karena cimol biasanya akan meledak saat digoreng. Jika tak hati-hati, maka kulit tangan atau area tubuh lainnya bisa terciprat minyak yang masih panas. 

Saking trickynya, banyak banget netizen yang cari sana-sini soal tips memasak cimol yang anti meledak dan anti gagal. Padahal, memasak santapan ini sendiri hanya membutuhkan bahan dan teknik yang tepat. Selain itu, pengaturan api yang digunakan pun jadi kunci sukses membuat cimol. Simak dulu yuk, tips memasak cimol berikut ini. 

Pemilihan Bahan yang Tepat

Untuk membuat cimol yang berbentuk bulat sempurna, enak, dan anti meledak, maka bahan-bahan dan keseimbangan adonan jadi hal penting yang perlu diperhatikan. Penggunaan bahan-bahan yang segar dan berkualitas nyatanya dapat mempengaruhi hasil akhir cimol yang dibuat. Sebab, cimol yang terbuat dari bahan-bahan terbaik pasti akan terasa nikmat dan maknyus. 

Pilih Tepung Tapioka

Selain menggunakan tepung kanji, cimol juga harus menambahkan jenis tepung lain seperti tepung tapioka. Tepung ini berfungsi untuk membuat tekstur semakin kenyal dan enak saat dikunyah. Selain itu, tapioka juga berguna untuk tetap menjaga warna cimol agar tetap putih dan bersih. Sementara itu, jika kamu menggunakan tepung sagu di dalam adonan, maka hasil akhir cimol nantinya akan memiliki warna yang lebih keruh. 

Atur Api Kecil dan Masak saat Minyak Masih Dingin

Banyak yang masih salah kira bahwa memasak cimol harus menunggu minyaknya panas dulu. Padahal, memasak cimol dengan api panas malah akan membuat adonan cepat panas dan gampang meledak. Untuk itu, ketika minyak masih dingin, masukkanlah adonan cimol yang sudah jadi dan jangan lupa pula set api yang kecil.

Biar makin afdol saat memasak cimol, tentunya kamu memerlukan kompor yang bisa mengerti dengan kebutuhanmu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggunakan kompor yang awet, tangguh, serta punya pengaturan api yang baik. Selain itu, pilih juga kompor yang bisa tingkat efisiensi memasak dan juga hemat.

Aduk Adonan Cimol saat Digoreng

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengaduk adonan cimol agar tak lengket pada permukaan alat penggorengan. Ini dianjurkan karena proses memasak dengan kondisi minyak yang belum panas akan menyebabkan adonan rawan menempel di wajan atau teflon. Oleh karena itu, aduklah secara perlahan cimol yang sedang dimasak dan pastikan agar tak ada satupun yang melekat di permukaan alat penggorengan. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memasak cimol anti meledak. Selamat mencoba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading