Sukses

Food

Tips Menyimpan Bahan Makanan agar Tetap Segar, Perhatikan Jenisnya dan Pilih Kulkas yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Menyimpan bahan makanan di kulkas memang bisa jadi cara yang praktis untuk memudahkan proses mengolah makanan untuk keluarga. Nggak perlu belanja setiap hari, artinya lebih menghemat banyak waktu dan tenaga terlebih buat para ibu bekerja yang memiliki kesibukan padat.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyimpan bahan makanan di dalam kulkas. Supaya kesegarannya tetap terjaga, ternyata ada beberapa trik yang perlu diperhatikan dalam penyimpanan. Beda jenis makanan, beda juga cara menyimpan dan jangka waktu yang aman untuk bisa dikonsumsi. Selain itu, pemilihan kulkas yang tepat untuk menjaga kualitas bahan makanan yang akan diolah, sehingga bisa menyajikan masakan yang sehat dan berkualitas untuk keluarga. Gali lebih jauh lewat artikel ini yuk, Sahabat Fimela!

Trik Menyimpan Daging agar Tetap Segar

Menyimpan daging sapi di kulkas bisa bertahan lama hingga 6 bulan jika memahami cara penyimpanan yang tepat. Setelah membeli daging dari pasar, segera masukkan daging ke dalam wadah kedap udara tanpa dicuci terlebih dulu. Hal ini untuk meminimalisir kontaminasi bakteri yang bisa terjadi dari air. 

Untuk lebih memudahkan dalam pengolahan, kamu bisa memisahkan daging ke dalam beberapa wadah yang masing-masing berisi untuk 1 kali penyajian. Jadi, ketika hendak memasak, kamu cukup mengeluarkan daging yang akan digunakan saja tanpa mengganggu daging lain yang masih disimpan. Soalnya, daging yang sering keluar masuk kulkas bisa membuatnya cepat rusak. Jangan lupa set freezer di suhu yang tepat, yaitu idealnya -18 derajat celcius.

Berapa Lama Sayuran Bisa Disimpan?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyimpan sayuran ke dalam kulkas. Pastikan kamu mengetahui mana jenis sayuran yang bisa disimpan di dalam kulkas dan mana yang cukup disimpan di dalam suhu ruang saja. Setelah itu, bersihkan sayuran sebelum menyimpannya. Sortir bagian yang sudah menguning atau kecokelatan, potong akarnya dan buang bagian yang rusak supaya tidak mengganggu bagian yang lain. 

Simpan sayuran dalam wadah plastik kedap udara yang dilapisi dengan plastik berlubang atau tisu. Hal ini berperan mencegah suhu kulkas menyerap pada sayuran sehingga menjaga kesegarannya. Jangan lupa untuk menyimpan sayuran sesuai dengan jenisnya, misalnya 1 wadah untuk wortel saja, 1 wadah untuk brokoli saja dan sebagainya. Pasalnya tiap sayuran memiliki cara simpan masing-masing. Mencampurkan jenis yang berbeda bisa membuatnya cepat busuk.

Cara Menyimpan Sisa Makanan yang Sudah Matang

Punya sisa makanan matang yang masih cukup banyak memang sayang kalau dibiarkan begitu saja sampai basi. Nah, jenis makanan yang satu ini masih bisa tetap disimpan di dalam kulkas, dengan catatan tidak dibiarkan terlalu lama. 

Simpan di dalam wadah plastik kedap udara dan biarkan makanan dalam suhu dingin untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Jenis makanan seperti ayam dan daging sebaiknya disimpan dalam wadah terpisah.

Makanan yang disimpan di dalam kulkas atau freezer masih bisa bertahan maksimal 3 hari. Jika masih ada sisa, sebaiknya jangan dikonsumsi karena kualitas dari makanan itu sendiri sudah menurun jika terlalu lama.

Pilih Kulkas Berkualitas agar Makanan yang Disimpan tetap Terjaga Kesegarannya

Demi menjaga kualitas kesegaran bahan makanan yang disimpan, pastikan pilih kulkas berkualitas yang dilengkapi dengan teknologi terkini. Misalnya saja Polytron Belleza Jumbo, kulkas 2 pintu yang memiliki kapasitas jumbo dengan lebar rak yang lebih luas hingga 58cm untuk ruang penyimpanan yang maksimal. Cocok banget buat kamu yang sering menyimpan berbagai bahan makanan agar lebih praktis dalam pengolahan sehari-hari.

Polytron Belleza Jumbo juga dilengkapi dengan Luxurious Curved-Edge Design yang terbuat dari Tempered Glass Door yang membuat kulkas 2 pintu ini tahan dari benturan keras dan anti karat. Selain itu, ada juga Deodorized di dalamnya yang bisa dicuci dan dipakai kembali untuk menjaga kulkas ini bebas dari bau tak sedap. 

Nggak perlu ragu lagi, Polytron Belleza Jumbo jadi pilihan kulkas yang tepat untuk keluarga Indonesia. Buruan upgrade kulkas di rumahmu sekarang! Untuk informasi lebih lanjut mengenai kulkas Belleza Jumbo, kunjungi laman resmi Polytron.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading