Sukses

Food

Tips Mencuci Sayur Brokoli Agar Bebas Ulat dan Pestisida

Fimela.com, Jakarta Sayur brokoli menjadi salah satu superfood yang digemari oleh banyak orang. Sayur brokoli mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Ini juga bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat, sehat dan pastinya menggugah selera. Namun nih Sahabat Fimela, pastikan untuk mencuci sayur brokoli dengan benar sebelum mengolahnya atau menyantapnya. 

Usahakan untuk mencuci sayur brokoli dengan benar, agar bebas ulat dan pestisida. Lantas, bagaimana cara untuk mencuci sayur brokoli yang benar? Simak baik-baik tipsnya berikut ini dan selamat mencobanya.

Cuci dengan Air Mengalir

Tips pertama adalah, cuci sayur brokoli di bawah air mengalir. Sebelum mencuci, potong dulu sayur brokoli sesuai selera. Memotong sayur ini bertujuan agar kotoran, pestisida atau ulat di sela-sela batang sayuran benar-benar bersih. Gosok-gosok sayuran agar kotoran terbawa oleh aliran air.

Rendam dengan Cuka

Sebelum memasak, kamu juga mencuci brokoli dengan merendamnya di dalam air yang telah ditambahkan cuka di dalamnya. Sifat asam cuka, bermanfaat membunuh kuman dan bakteri yang mungkin masih menempel di sayur brokoli.

Rendam dengan Air Garam

Tips selanjutnya adalah rendam dengan air garam. Sama dengan air cuka, air garam juga bersifat nembunuh kuman serta bakteri di dalam sayur brokoli. Garam juga bermanfaat mematikan ulat bahkan telur-telurnya yang mungkin menempel di sayur brokoli.

Rendam dengan Air Dingin atau Hangat

Agar brokoli terbebas dari ulat pun pestisida, kamu juga bisa memanfaatkan air dingin atau hangat. Caranya yakni, rendam sayur brokoli ke dalam wadah berisi air dingin atau hangat. Diamkan kira-kira selama 2 sampai 3 menit, lalu angkat dan tiriskan sayur brokoli. Cuci lagi sayur brokoli dengan air mengalir sebelum meniriskan dan memasaknya. 

Itulah beberapa tips sederhana mencuci sayur brokoli agar bebas ulat maupun pestisida. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading