Sukses

Food

4 Tips Goreng Kerupuk Udang Mengembang dan Merekah Renyah

Fimela.com, Jakarta Menggoreng kerupuk udang seringkali butuh teknik atau trik tertentu. Jika tidak sesuai dengan teknik yang ditentukan, seringkali kita gagal menggoreng kerupuk udang yang bagus, renyah dan merekah sempurna. Jika ingin menggoreng, ini beberapa tips goreng kerupuk udang yang bisa dicoba di rumah.

1. Pilih kerupuk udang berkualitas

Hal pertama yang harus kamu pastikan sebelum menggoreng kerupuk udang di rumah adalah memastikan kualitasnya bagus. Akan lebih baik jika bisa mendapatkan kerupuk udang mentah yang tidak harus dijemur lagi sebelum digoreng. Umumnya, kerupuk perlu dijemur di bawah terik sinar matahari untuk menghilangkan kelembapan yang terserap dari udara atau lingkungan sekitar sehingga kerupuk dapat mengembang dengan sempurna saat digoreng. Kerupuk yang berkualitas bukan hanya potongannya yang rapi dan lebih mudah digoreng, tapi rasanya juga lebih enak karena terbuat dari bahan terbaik.

2. Tuang minyak yang banyak

Pastikan menggunakan minyak yang cukup banyak setiap kali menggoreng kerupuk, termasuk kerupuk udang. Minyak yang sedikit tidak akan membuat kerupuk mengembang atau merekah saat digoreng. Gunakan juga minyak baru untuk menggoreng kerupuk udang karena sisa menggoreng makanan lain akan memengaruhi rasa dan warna kerupuk. Pastikan juga menggunakan wajan atau penggorengan yang lebar dan besar karena jika area wajan tidak luas, susah membuat kerupuk udang mengembang maksimal.

3. Pastikan suhu minyak cukup panas

Jangan memasukkan kerupuk udang ke dalam minyak yang belum panas karena itu akan mencegah keupuk mengembang. Pastikan minyak sudah cukup panas sehingga kerupuk bisa langsung mengembang saat digoreng. Sebelum memasukkan kerupuk, tes dulu dengan potongan kecil kerupuk. Jika kerupuk langsung merekah, berarti sudah cukup panas. Kerupuk udang yang matang akan terasa empuk dan renyah saat digigit. Pastikan juga suhu minyak tidak terlalu panas karena jika terlalu panas, kerupuk udang akan melingking atau mengkerut dan keras saat digigit.

4. Jangan menggoreng dalam jumlah banyak

Jangan menggoreng kerupuk udang dalam jumlah banyak, satu per satu saja masukkan ke dalam minyak panas. Jika wajan lumayan besar, bisa masukkan 2 buah kerupuk sekaligus. Tekan agar bisa mengembang maksimal dan jaga agar kerupuk tidak meliuk-liuk selagi mengembang. Jangan langsung diangkat setelah kerupuk mengembang, balik dan tunggu sambil sesekali disiram minyak panas hingga warnanya mulai kecoklatan, baru angkat dan tiriskan.

Tidak perlu menunggu hingga kerupuk udang mengeras setelah digoreng karena nantinya akan keras dan renyah sendiri setelah ditiriskan dari minyak gorengnya.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading