Sukses

Food

5 Masakan Sayur Tanpa Minyak Cocok untuk Menu Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Tak terasa, kurang dari 2 minggu ke depan umat muslim di seluruh dunia sampai pada bulan seribu bulan yakni Ramadan. Dengan datangnya bulan Ramadan, maka umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Bicara mengenai puasa, ibu-ibu banyak yang merencanakan untuk memasak apa sebagai menu berbuka pun sahur di saat puasa. Karena masakan di waktu ini, penentu utama kesehatan keluarga tercinta di rumah agar tetap optimal selama bulan puasa. 

Untuk menu berbuka puasa, masakan sayur digadang-gadang sebagai menu terbaik. Selain karena mengandung serat yang baik untuk pencernaan, sayuran juga sangat sehat dan mudah dibuat. Masakan sayur tak hanya mengenyangkan tetapi juga bantu melepas dahaga setelah seharian menahan haus serta lapar. 

Kali ini, Fimela punya beberapa inspirasi menu sayuran untuk buka puasa yang sehat dan enak. Karena dimasak tanpa minyak, menu masakan ini akan semakin disarankan untuk kita semua. Apa saja masakan sayur yang cocok sebagai menu buka puasa tersebut? Simak yang  berikut dan semoga menginspirasi.

Sayur Bening

Masakan sayur pertama ada sayur bening. Sayur bening sangat cocok untuk menu buka puasa. Disajikan bersama nasi putih, sambal dan lauk ikan goreng atau ayam goreng, kelezatan dan kesehatan sayur bening tak perlu diragukan lagi. Adapun sayuran yang cocok dimasak bening antara lain sayur kubis, wortel, bayam, brokoli, kangkung, sawi dan masih banyak lagi.

Trancam

Masakan sayur tanpa minyak berikutnya ada trancam. Ini merupakan masakan yang terbuat dari sayuran mentah seperti halnya kacang panjang, kubis, biji lamtoro, daun beluntas, timun dan daun kemangi. Semua sayuran dicincang halus atau diiris kecil-kecil kemudian dicampur bumbu trancam. Bumbu trancam terbuat dari parutan kelapa muda, bumbu halus dari cabai, bawang putih, garam dan rempah kencur. Trancam memiliki cita rasa yang khas dan begitu menggugah selera.

Sayur Bobor

Masakan sayur untuk berbuka tanpa minyak yang memanjakan lidah selanjutnya ada sayur bobor. Masakan ini mirip dengan sayur bening tetapi memakai kuah santan di dalamnya. Sayur bobor memiliki cita rasa gurih segar dengan aroma rempah kencur yang khas. Sayuran yang cocok dimasak bobor antaranya bayam, kangkung, labu siam dan kacang panjang.

Urap-Urap

Menu sayuran sebagai menu berbuka ada urap-urap. Masakan ini juga tanpa minyak, semua sayuran untuk urap seperti kacang panjang, tauge, wortel, daun keningkir dan sawi direbus hingga matang. Salanjutnya campur dengan bumbu urap dari parutan kelapa muda, bumbu halus berupa cabai, garam, bawang putih dan kencur yang juga dikukus. Urap-urap sangat cocok dijadikan lauk bersama ikan bakar, ayam bakar hingga sambal ikan tongkol.

Pecel

Sayur pecel juga cocok jadi inspirasi menu buka puasa. Sayur pecel yang enak dan segar akan membantu kamu melepas dahaga serta lapar setelah seharian berpuasa. Sayur pecel merupakan sayuran yang direbus kemudian dicampur dengan bumbu sambal kacang atau bumbu pecel. Disajikan bersama rempeyek, tempe goreng dan tahu goreng, menjadikan menu masakan ini tak hanya enak tetapi juga sangat sehat. 

Itulah beberapa masakan sayur enak tanpa minyak yang cocok dijadikan menu buka puasa. Dari beberapa menu sayuran yang ada, mana yang menjadi favoritmu Sahabat Fimela? Yuk, buat yang menyambut kedatangan Ramadan, siapkan menu setiap hari untuk sahur dan berbuka mulai sekarang. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading