Sukses

Food

Biar Empuk dan Nggak Keras, Begini Cara Membuat Ayam Goreng yang Benar

Fimela.com, Jakarta Ayam goreng seringkali dipilih keluarga karena memiliki rasa yang enak dan gurih. Namun, untuk memasak bahan yang satu ini, diperlukan ketelatenan dan teknik memasak yang benar. Sebab, jika hal tersebut ternyata dapat mempengaruhi hasil masakan nantinya. Nggak mau kan daging ayam yang digoreng jadi alot, keras, dan nggak empuk?

Menariknya, memasak ayam goreng yang empuk dan nggak keras ternyata bisa dilakukan secara mandiri. Rasanya pun tentu nggak akan kalah dari yang dijual di restoran-restoran. Penasaran bagaimana caranya? Intip yuk yang satu ini.

Baluri Daging Ayam dengan Bumbu Marinasi

Untuk mendapatkan daging ayam yang nggak sekedar enak, namun juga empuk dan lembut, maka kamu perlu memarinasinya terlebih dahulu sebelum dimasak. Balurkan bumbu marinasi pada daging ayam yang sudah dibersihkan secara merata. Kemudian, diamkan selama kurang lebih satu jam di dalam kulkas. Bagi yang belum tahu, bumbu marinasi ini biasanya terbuat dari bawang putih, garam, dan merica sebagai bumbu dasarnya.

Tusuk Daging Ayam

Setelah dimarinasi, tusuk-tusuk daging ayam di beberapa bagian, misalnya saja di bagian dada. Hal ini bisa membuat serat-serat daging jadi melunak dan lembut saat dimasak nantinya. Menusuk daging ayam bisa kamu lakukan dengan menggunakan tusuk gigi ataupun garpu. 

Ungkep Daging Ayam yang Berukuran Besar

Jika ingin memasak daging ayam yang memiliki ukuran yang besar, ada baiknya untuk mengungkep bagian tersebut terlebih dahulu. Rebus bersama berbagai campuran bumbu selama 20-30 menit. Melakukan hal seperti ini nyatanya akan membuat daging ayam menjadi lembut dan nggak alot setelah digoreng. Namun, apabila daging ayamnya memiliki ukuran kecil, kamu bisa langsung menggorengnya tanpa harus melalui proses pengungkepan dulu.

Masak Daging Ayam dalam Minyak Panas

Daging ayam yang renyah di luar dan lembut di dalam bisa dihasilkan jika kamu memasaknya di dalam minyak yang panas. Oleh karena itu, pasang api kecil dan pastikan minyak yang digunakan benar-benar panas saat mencemplungkan potongan-potongan daging ayam. Selain itu, gunakan pula minyak goreng yang masih baru alias nggak pernah dipakai untuk memasak makanan lain sebelumnya.

Nah, berbicara tentang minyak goreng, pastinya kamu butuh yang berkualitas baik dan aman untuk digunakan dalam proses memasak bukan? Untuk urusan yang satu ini, cobalah memilih minyak goreng yang punya warna jernih dan nggak cepat menguap ketika dipanaskan. Sehingga, kamu bisa lebih hemat ketika memakainya.

Goreng dengan Sekali Balik

Tips terakhir yang bisa diterapkan adalah menggorengnya dengan sekali balik. Ketika warna daging ayam sudah kecokelatan di salah satu sisinya, maka balik ke sisi satunya lagi. Ketika dirasa sudah matang merata, angkat dan tiriskan. Trik memasak seperti ini akan membuat ayam goreng menjadi lebih garing di sisi luarnya.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk membuat ayam goreng yang empuk dan nggak keras. Selamat memasak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading