Sukses

Food

Tips Menumis Kangkung Agar Empuk dan Tetap Hijau

Fimela.com, Jakarta Kangkung menjadi salah satu sayuran yang disukai oleh hampir semua orang. Kangkung bisa diolah menjadi masakan super lezat dalam waktu singkat. Sama dengan sayuran berwarna hijau lainnya, sayur kangkung kaya akan nutrisi di dalamnya. Kangkung dipercaya sebagai salah satu sayur yang memiliki banyak manfaat sehat untuk tubuh. 

Meski sayur kangkung digemari, beberapa orang mungkin malas untuk memasak kangkung. Terlebih lagi, bagi mereka yang sering mendapati sayur kangkung berwarna kehitaman setelah dimasak. Sayur kangkung yang menghitam, tentunya tak menarik lagi. Beberapa orang juga percaya jika warna sayur kangkung yang menghitam berbaya buat kesehatan. 

Lantas, bagaimana caranya agar sayur kangkung empuk dan tetap hijau setelah dimasak?

Rebus Setengah Matang

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan merebus sayur kangkung hingga setengah matang sebelum ditumis. Rebus kangkung di dalam air mendidih sebentar saja. Angkat kemudian tumis bersama bumbu-bumbu. Cara ini akan membantu membuat sayur kangkung empuk namun tetap hijau.

Pisahkan Batang dan Daun

Cara ini mungkin cukup ribet, namun tak ada salahnya untuk mencoba. Pisahkan antara batang dan sayur saat menumis. Sebaiknya, tumis batang kankung terlebi dulu kemudian masukkan daunnya. Batang kangkung memiliki tekstur yang lebih alot sehingga perlu proses pemasakan lebih lama dibandingkan daunnya. Daun kangkung cukup dimasak sebentar saja agar tetap berwarna hijau.

Tutup Wajan Saat Menumis

Cara selanjutnya yakni tutup wajan saat menumis. Menutup wajan akan membuat kangkung makin empuk dengan kandungan air yang cukup banyak. Usahakan pula untuk menggunakan api panas saat menumis. Kangkung yang cepat matang akan terlihat lebih hijau dan segar.

Gunakan Bumbu Segar

Usahakan untuk menggunakan bumbu segar saat menumis kangkung. Bumbu segar bisa membuat tampilan dan cita rasa tumis kangkung makin mengesankan. 

Itulah sekian tips mudah memasak sayur kangkung agar makin empuk namun tetap hijau. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading