Sukses

Food

Dijamin Pulen dan Anti Gagal, Begini Tips Mudah Memasak Nasi Menggunakan Kompor

Fimela.com, Jakarta Orang Indonesia cenderung mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Untungnya, di zaman yang sudah maju ini, memasak nasi nggak lagi jadi perkara yang sulit. Sebab, dengan mengandalkan rice cooker saja, kamu sudah bisa menikmati sepiring nasi hangat yang enak dan pulen.

Meski begitu, ada juga beberapa orang yang lebih memilih memasak nasi dengan menggunakan panci dan kompor. Selain bisa hemat listrik, cara tradisional ini nyatanya juga dinilai mampu menghasilkan nasi yang lebih enak dan lembut. Namun, bagaimana sih cara memasak nasi dengan kompor yang benar? Cek di sini, yuk.

Cuci Bersih Beras dan Gunakan Takaran Air yang Tepat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci beras sampai bersih. Gunakan air yang mengalir dan kemudian cuci hingga warna air beras nggak lagi begitu keruh. Dengan begitu, beras yang akan dimasak akan bebas dari pati dan debu yang menempel.

Setelah selesai mencuci, jangan lupa pula untuk menambahkan air secukupnya ke dalam panci penanak. Kamu bisa menggunakan jari telunjuk untuk mengukur jumlah air yang diperlukan. Biasanya, ukuran air setinggi setengah jari telunjuk tangan. 

Masak Beras dengan Api Sedang

Saat memasak nasi menggunakan kompor, kamu perlu untuk memperhatikan besaran api yang dinyalakan. Dalam hal seperti ini, sebaiknya pasang api sedang agar nasi bisa matang merata dan hasilkan tekstur pulen serta lembut. Selain itu, pilih pula panci yang tebal dan mampu menahan serta mendistribusikan panas api ke seluruh bagiannya.

Pemilihan panci sendiri haruslah tepat. Sebab, jika panci yang digunakan berkualitas dan punya daya tahan yang baik, maka masakan yang dihasilkan pun juga bisa semakin berkelas dan maknyus. Untuk itu, jangan sampai salah pilih panci untuk temani momen memasakmu, ya.

Jangan Lupa Tutup Panci

Jika memasak nasi menggunakan kompor, maka pastikan bahwa panci yang digunakan memiliki tutup yang rapat. Ini penting sekali mengingat nasi bisa matang sempurna jika panci yang digunakan ditutup selama proses memasak berlangsung. Bukan hanya itu, kamu juga harus menghindari membuka tutup panci terlalu sering karena dapat menyebabkan nasi kering dan kurang bagus saat matang.

Hindari Mengaduk Nasi Setelah Matang

Jangan langsung mengaduk nasi setelah matang. Pasalnya, melakukan hal tersebut akan membuat tekstur nasi menjadi lebih lembek. Oleh karena itu, diamkan dulu selama 5-30 menit sebelum mengaduk nasi yang matang. Hal ini juga wajib dilakukan agar uap air yang masih ada bisa terdistribusi dengan merata dan membuat nasi menjadi lebih pulen.

Well, itulah beberapa tips memasak nasi menggunakan kompor. Sangat mudah dan menarik untuk diikuti, bukan? 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading